Beauty, bisa dikatakan menikah di usia muda seakan menjadi 'trend' di kalangan masyarakat dan hal ini sudah berlangsung cukup lama. Banyak pasangan yang memilih untuk menikah di usia muda lantaran sudah siap secara mental, fisik, atau bahkan dari segi finansialnya. Meski begitu, 'trend' ini seakan mendatangkan streotip bagi mereka yang belum menikah meski usianya sudah cukup matang.

Masyarakat Tanah Air kerap beranggapan seolah-olah kalau orang menikah di usia yang terlalu matang adalah mereka yang sulit mendapatkan jodoh atau telat nikah. Makanya enggak jarang, kalau banyak wanita yang menikah di usia dewasa atau matang di atas 30-an kerap di-cap sebagai "perawan tua".

Padahal, membina rumah tangga membutuhkan banyak persiapan. Enggak cuma materi semata, melainkan kesiapan dari sisi mental, emosional, dan juga kedewasaan. Beauty, memang usia itu enggak bisa dijadikan tolak ukur kedewasaan seseorang, tapi menikah di usia matang atau dewasa rupanya memiliki kelebihan tersendiri lho!

Baca Juga: Dear Pengantin Baru... Ada Pesan Penting Nih Buat Kamu untuk Malam Pertama Pernikahan

Baca Juga: Waduh! Nekat Hadiri Pernikahan saat Sakit, Wanita Ini Tularkan Virus Corona ke Tamu Lainnya!

Penasaran dengan kelebihan apa saja yang dimaksud? Mengutip dari laman sindikisi Muslimah DailySenin (20/7/2020), yuk simak ulasan berikut!

Lebih mapan dan memahami jati diri

Beauty, saak kamu menikah di usia dewasa, kamu sudah meluangkan banyak waktu untuk memahami diri sendir. Apa yang kamu suka dan enggak suka, serta mengasah keterampilan yang dimiliki dengan baik.

Dari sinilah, kamu bisa membangun karier atau menyiapkan kemapanan untuk membangun keluarga kecil nantinya. Kamu bisa mencapai karier yang luar biasa atau membangun karier dengan mantap!

Sudah mengeset tujuan dan tahu apa yang kamu inginkan

Usia remaja atau sebelum usia 18 tahun, mungkin sebagian orang belum tahu apa yang sebenarnya mereka inginkan, apa bakat mereka, dan sebagainya. Tetapi, seiring bertambah usia dan pengalaman hidup, banyak orang yang berubah dan bisa mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan dalam hidup ini.

Baca Juga: Viral! Momen Foto Pernikahan Bahagia Berubah Mencekam Saat Terjadi Ledakan di Beirut

Baca Juga: Pasangan Baru Nikah Merapat! Sederet Hal Ini Patut Kamu Pelajari Biar Gak Kaget!

Menginjak usia dewasa, kamu akan tahu apa yang kamu inginkan dalam pernikahan atau membina suatu hubungan rumah tangga. Termasuk cara mengatasi segala permasalahan dan tantangan pernikahan.

Menikmati kebebasann yang bertanggung jawab

Saat masih lajang alias ngejomblo, kamu bebas pergi ke mana pun yang kamu suka. Membeli apa pun yang diinginkan, atau tidur di rumah teman mana pun tanpa harus meminta izin siapa – siapa.

Namun, setelah menikah kebebasan harus berjalan dengan tanggung jawab. Kamu harus berdiskusi atau meminta izin kepada suami sebelum ke luar rumah atau melakukan kegiatan tertentu.

Lebih matang dalam mengatasi masalah hidup

Setiap orang tentu menghadapi berbagai masalah. Tapi, enggak semua orang bisa dan berani mengatasinya. Keterampilan hidup bisa didapat seiring dengan pengalaman dan pertambahan usia dewasa. Ketika kamu berada di usia yang matang, kamu sudah memiliki pengalaman dan tahu bagaimana cara menangani permasalah hidup.

Enggak sedikit, pasangan yang menikah muda dan belum berusia dewasa justru bercerai karena mengambil keputusan tergesa – gesa yang mengedepankan ego. Terkadang, banyak pasangan muda yang melakukan tindakan secara impulsif tanpa memikirkan akibatnya. Pernikahan bukan untuk mereka yang masih belum cukup umur atau belum matang secara emosional.

Berinvestasi untuk masa depan

Bagi sebagian kaum Hawa, pernikahan adalah akhir dari karier. Karena, mereka harus lebih fokus pada anak – anak dan mengurus keluarga. Tetapi, banyak wanita cerdas yang sudah membangun karier luar biasa sebelum usia 30. Pada usia yang matang dan dewasa, mereka sudah menjadi tokoh inspiratif dan menabung untuk investasi di masa depan.

Jadi, Beauty jangan khawatir kalau jodoh belum datang atau “terlambat menikah”. Karena kamu justru akan bersyukur dengan berbagai waktu berharga dan bermanfaat yang dihabiskan selama penantian jodoh itu datang. Yuk jangan minder lagi yuk!