Beauty, kamu pasti pernah memikirkan pada awal youtube tren di hampir semua kalangan, biasanya orang-orang mulai menonton dan lebih menyukai tayangan di youtube yang terlihat nyata tanpa banyak sandiwara atau tipsnya dirasa lebih menyenangkan karena dirasa lebih realistis yang jadi kehidupan mereka sehari-hari.

Selama beberapa dekade, televisi adalah media utama tempat orang mengonsumsi berita dan hiburan. Hampir setiap iklan menampilkan selebriti yang menjamin kehebatan beberapa produk atau layanan. Sampai akhirnya youtube lebih tren dan disukai remaja pada umumnya. Kebangkitan media sosial ini membuat berkurangnya popularitas TV dan ketidaksukaan orang akan periklanan yang mendorong pendefinisian ulang kata, "selebriti." Sekarang orang awam yang mengatur tren dan mendorong opini, dan mereka melakukannya di YouTube.

Akhirnya, karena nggak mau ketinggalan job dan tren, para selebritis pun ramai-ramai membuat akun youtube dan menjadi makin terkenal karena kehidupan pribadinya yang terlihat lebih nyata untuk menghibur di youtube.

Baca Juga: Akui Punya Data hingga Tarif Artis Jual Diri, Nikita Mirzani: Jangan Main-Main Sama Gue!

Baca Juga: Ditanya Soal Nikah Lagi, Nikita Mirzani: Enggak Ah, Aku Mau Kumpul Kebo Aja!

Dilansir dari Forbes, milenial saat ini adalah demografi konsumen terbesar dengan daya beli sekitar $ 1,3 triliun pada akhir tahun 2015. Demografis yang kuat ini adalah target pilihan untuk merek, tetapi milenium sebagian besar nggak menonton TV dan nggak peduli apa yang menjadi arus utama selebriti. Mereka lebih memercayai media sosial, Beauty.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Defy Media, 63% responden berusia antara 13-24 mengatakan bahwa mereka akan mencoba merek atau produk yang direkomendasikan oleh pembuat konten YouTube, sedangkan hanya 48% menyebutkan hal yang sama tentang bintang film atau TV. Bisnis lebih memerhatikan dan beralih ke masyarakat umum daripada selebriti arus utama untuk mencapai generasi milenium. Menariknya, pengaruh bintang-bintang YouTube pada milenial ini jauh lebih banyak.

Nah, kamu pasti penasaran, kan, apa hal yang paling membuat youtuber ini lebih terkenal (bahkan para selebriti ikut menjadi youtuber untuk mendongkrak popularitasnya

1. Youtuber lebih humble dan komunikatif

Selebriti selalu melakukan sesuatu sesuai dengan strategi pasar mereka daripada bebas mau melakukan apa, Beauty. Mereka terhubung lebih baik dengan orang-orang dengan didekati dan membangun pengalaman intim dengan pemirsa mereka. Mereka nggak takut untuk menjadi konyol, lucu, aneh atau berbicara tentang hal-hal yang sensitif banget dan pribadi seperti seks, perceraian, kekerasan dalam rumah tangga dan rasisme. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Google, 40i pelanggan YouTube milenial mengatakan bahwa pembuat konten favorit mereka memahami mereka lebih baik daripada teman-teman mereka dan 70% remaja mengakui bahwa mereka dapat berhubungan dengan orang-orang itu lebih daripada selebriti.

Baca Juga: Amanda Manopo Cuek Disebut Cabe-cabean: Enggak Merasa karena Emang Aslinya Enggak Kayak Gitu

Baca Juga: Ribut dengan Billy Syahputra, Nikita Mirzani Sebut Amanda Manopo Cabe-cabean: Gue Tahu dengan Siapa Dia Berjualan!

2. YouTuber membuat penonton sebagai kawan

YouTuber secara teratur membalas komentar, menjadwalkan sesi tanya jawab yang sering dengan penonton mereka dan nggak ada pertanyaan yang terlarang. Misal, ada konten tanya jawab yang melibatkan penonton mereka membahas soal skincare bersama dokter yang lebih ahli seperti yang dilakukan oleh Tasya Farasya.

3. YouTuber membuat tren dan membentuk budaya pop

Sebagian besar milenium setuju bahwa YouTubers membuat lebih banyak tren daripada selebriti yang nggak terlibat dengan Youtube. Faktanya, 70% pengguna mengatakan bahwa kepribadian YouTuber mengubah dan membentuk budaya pop dan 60i mereka mengatakan mereka akan membuat keputusan pembelian berdasarkan rekomendasi YouTuber favorit mereka daripada rekomendasi bintang TV atau film.

Jadi, itulah kenapa Youtuber lebih punya penonton lebih banyak dibandingkan selebriti dan hal ini membuat selebriti sadar bahwa panggung mereka harus ditambah supaya gak kehilangan penonton, Beauty.