Terlalu sering menatap layar gawai terkadang membuat mata kita menjadi mudah lelah. Terkadang hal ini juga akan mengganggu kesehatan mata kita karena selalu dipaksa bekerja setiap hari. Mata menjadi minus, kantung mata yang semakin menghitam dan akibat lainnya bisa membuat penampilan kita menjadi enggak menarik.

Tapi, sekarang enggak usah khawatir karena ada empat tips yang bisa kamu lakukan apabila mata kamu mulai terasa lelah ketika di tengah-tengah kerja. Berikut ini HerStory rangkum (20/07/2020) tips jitu untuk kamu!

Memejamkan Mata

Cara jitu pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengistirahatkan matamu adalah dengan memejamkannya selama beberapa lama. Enggak harus sampai tidur, kamu cukup memejamkan mata dari layar gawaimu yang secara terus menerus kamu paparkan ke mata. Cara ini bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama jika matamu sudah mulai lelah.

Baca Juga: Mata Kamu Sering Terasa Kedutan? Ini 5 Penyebab Mata Kamu Sering Kedutan!

Baca Juga: Simak 5 Cara Ampuh Sembuhkan Mata Minus! Manjur Gak Ya?

Selain dengan memejamkan mata, kamu juga bisa mencoba untuk berjalan-jalan di sekitar rumah atau tempat kerjamu supaya bisa melihat pemandangan yang lain dan bisa membuat otot mata menjadi rileks kembali. Namun, jika mata lelahmu sudah menyerang bagian kepalamu akan lebih jika kamu beristirahat sejenak dari pekerjaanmu dengan tidur.

Berkedip Lebih Banyak

Cara jitu yang kedua adalah dengan lebih sering mengedipkan mata. Karena ketika berkedip cairan di dalam mata kita akan secara otomatis membasahi bola mata sehingga bisa mengurangi terjadinya iritasi dan mata kering. Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa orang yang bekerja di depan layar gawai akan lebih jarang berkedip dan hal ini yang akan membuat kesehatan mata kita menjadi berkurang dan mata menjadi mudah lelah.

Kamu bisa mencoba berkedip setiap 20 menit sebanyak 10 kali, Beauty!

Lakukan Olahraga Mata

Cara jitu ketiga adalah dengan melakukan olahraga mata. Olahraga ini bisa kamu lakukan setiap 20 menit sekali dengan mengganti pandangan kamu dari layar gawai dengan melihat benda-benda yang memiliki jarak enam meter dari tempatmu. Beberapa ahli mengatakan bahwa cara ini biasanya disebut dengan “20-20-20-rule”. Dengan melihat objek yang jauh bisa membantu otot mata kita merasa rileks.

Baca Juga: Penelitian Ungkap Corona Bisa Menular Lewat Mata! Ahli Mulai Ragukan Efektivitas Penggunaan Masker Saja...

Hindari Melihat Layar dalam Gelap

Jika kamu ingin bekerja dengan menggunakan gawaimu cobalah untuk  enggak melakukannya dalam kondisi tanpa cahaya. Karena kebiasaan yang enggak baik ini bisa membuat kesehatan matamu menjadi berkurang dan bisa membuat mata bekerja lebih keras dari biasanya serta bisa menimbulkan penyakit rabun pada matamu.

Selamat mencoba ya, Beauty!