Setiap wanita tentu ingin memiliki berat badan yang ideal. Saat memiliki tubuh yang gemuk, bukan hanya menurunkan rasa percaya diri tetapi juga bisa membahayakan kesehatan. Salah satunya adalah berisiko alami menopause dini.

Melansir laman Medical Daily (21/7/2020) menurut sebuah studi, wanita yang kelebihan berat badan lebih berisiko untuk mengalami menopause sebelum berusia 45 tahun. Ini berlaku juga untuk wanita yang kekurangan berat badan atau yang mengalami penurunan berat badan secara drastis.

Sebuah studi dalam jurnal Human Reproduction mengatakan orang-orang dalam kelompok ini memiliki risiko tinggi mengalami menopause secara alami lebih awal dibandingkan dengan mereka yang berada dalam kelompok berat badan ideal. Secara keseluruhan, wanita dengan berat badan kurang 30% lebih mungkin mengalami menopause dini daripada wanita kurus atau normal.

Baca Juga: Waduh! Wanita yang Menopause Dini Berisiko Alami Penyakit Jantung

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! Penelitian: Olahraga Teratur Dapat Mengurangi Risiko Berat Badan Naik saat Menopause

Itu berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari hampir 80.000 wanita, yang diikuti dari dewasa muda hingga tahun-tahun menopause. Para peneliti juga mengumpulkan informasi tentang masa remaja wanita, sebelum penelitian dimulai.

Tahun-tahun remaja itu penting, karena terbukti memiliki dampak pada risiko menopause dini. Menurut penelitian tersebut, para wanita yang kelebihan atau kekurangan berat badan selama masa dewasa, semua berisiko lebih tinggi daripada wanita yang kurus atau dalam kisaran berat badan normal.

"Meskipun faktor genetik secara parsial bertanggung jawab atas peningkatan risiko menopause dini, gaya hidup yang dapat dimodifikasi, faktor risiko reproduksi dan lingkungan juga dapat memainkan peran," catat para ilmuwan dalam penelitian ini.