Menu

4 Penyakit yang Seting Menyerang Vagina, Apa Saja Ya Moms?

11 Maret 2022 20:56 WIB
4 Penyakit yang Seting Menyerang Vagina, Apa Saja Ya Moms?

Ilustrasi Vagina (Pexel/Cliff Booth)

HerStory, Jakarta —

Beauty, menjaga kebersihan vagina sangat penting dilakukan. Pasalnya, organ intim wanita ini sangat rentan terserang bakteri jika tidak dijaga kebersihannya dengan baik.

Nah, kalau kamu mengalami gatal, iritasi, dan nyeri akibat ketidaknyamanan di area vagina, mungkin kamu berpikir sedang terinfeksi jamur. Padahal ada banyak gangguan yang bisa dialami vagina yang memicu gejala serupa.

Lantas, apa saja gangguan yang biasa menyerang vagina? Yuk Beauty simak ulasan di bawah ini.

1. Candida

Kondisi ini disebabkan oleh jamur Candida Albican. Infeksi ini menyebabkan pembengkakan dan kemerahan vulva, gatal-gatal, sensasi terbakar, buang air kecil yang menyakitkan, dan seks yang menyakitkan.

Infeksi jamur ini juga memicu keputihan, Moms. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan krim yang dijual bebas atau resep obat yang mampu membersihkan infeksi jamur.

2. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak dipicu oleh adanya alergen dan iritan lain, seperti deterjen, pelembut pakaian, sabun tubuh, dna produk kesehatan wanita. Gejala dermatitis kontak juga bisa berupa gatal-gatal di area vulva, kemerahan, penebalan kulit, hingga rasa tidak nyaman.

Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa berendam di air hangat. Naun, untuk kasus yang lebih parah, dokter biasanya meresepkan pengobatan steroid untuk mengurangi keemrahan, bengkak, dan gatal.

Baca Juga: Hati-Hati! Bersihkan Miss V Pakai Sabun Bikin Bahaya

Baca Juga: Kamu Suka Pakai Tisu Toilet Usai Pipis? Amankah untuk Kesehatan Miss V?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.