Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Bukan hanya dengan melakukan olahraga secara rutin, tetapi juga mengonsumsi makanan yang sehat. Salah satu makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi adalah buah apel.

Apel merupakan salah satu buah yang mudah ditemui. Meski begitu, banyak yang belum mengetahui manfaat kesehatan dari buah apel lho. Apel bisa meningkatkan kesehatandalam jangka panjang jika dikonsumsi secara teratur. Nah, berikut adalah manfaat kesehatan dari apel yang tidak boleh kamu abaikan:

Melawan Sel Kanker

Dibandingkan dengan buah-buahan dan sayuran lainnya, apel memiliki lebih banyak antioksidan terutama pada bagian kulitnya. Antioksidan yang tinggi membuat apel dinobatkan sebagai makanan super penangkal kanker.

Baca Juga: Rutin Makan Buah Apel, Khasiat Ini yang akan Kamu Dapat Ketika Mengonsumsinya!

Studi menemukan bahwa makan satu atau lebih apel setiap hari dapat membantu menurunkan risiko kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukkan bahwa apel dapat membantu mencegah kanker paru-paru dan prostat.

Menurunkan Risiko Stroke

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hampir 10.000 orang di atas usia 28 tahun menemukan bahwa risiko stroke trombotik lebih rendah bagi orang-orang yang rutin mengonsumsi buah apel. Hal tersebut terjadi karena apel mengandung sekitar 20 persen dari jumlah serat yang direkomendasikan setiap hari. Seperti diketahui serat dapat berguna untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Membantu Penurunan Berat Badan

Apel dikemas dengan kurang dari 100 kalori. Itu membuat apel lebih mengenyangkan dibandingkan dengan mengonsumsi satu cracker dalam jumlah kalori yang sama.

Satu studi menemukan bahwa orang-orang yang makan irisan apel sebelum makan akan merasa lebih kenyang. Apel juga mengandung senyawa yang membantu memberi makan bakteri sehat dalam usus, berpotensi menurunkan risiko beberapa masalah kesehatan terkait obesitas.

Menurunkan Risiko Diabetes

Polifenol, yang merupakan mikronutrien yang banyak terdapat dalam apel, diperkirakan mencegah kerusakan jaringan pada sel-sel yang memproduksi insulin.

Sebuah studi menemukan bahwa makan apel setiap hari dapati menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 28 persen. Bahkan makan hanya beberapa apel setiap minggu juga memiliki efek yang sama.