Beauty, apakah kamu memiliki kucing di rumah? Kucing merupakan hewan yang sangat disukai oleh banyak orang. Tingkah lakunya yang gemas dan lucu, mampu membuat banyak orang jatuh hati pada hewan satu ini. Selain itu, merawat kucing juga harus diperhatikan kesehatannya ya! Jangan sampai kamu biarkan kucing yang sakit. Sebab, kucing yang sakit mampu menularkan ke manusia lho

Waduh! Kira-kira penyakit apa saja ya yang bisa ditularkan kucing kemanusia? Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (21/7/2020) yuk simak sederet penyakit ini, Beauty!

Ringworm

Ringworm atau penyakit jamur, biasanya menempel pada kulit kucing atau anjing. Jika kamu langsung berkontak fisik dengan kucing yang mengidap penyakit tersebut, tak segan-segan jamurnya ikut tertular kepada kamu. Ciri khas ringworm adalah gatal dan ruam merah berbentuk bulat pada kulit kamu.

Baca Juga: Stop! Kenali 3 Jenis Kutil dan Cara Pengobatannya!

Baca Juga: Anak Enggak Punya Ekspresi? Waspada Moebius Syndrome, Moms!

Scabies

Penyakit yang kedua, mirip dengan ringworm, cuma penyakit ini disebabkan oleh tungau atau kutu. Scabies mampu membuat kulit kamu gatal dan membentuk seperti bisul yang berisi cairan.

Cacing gelang, tambang, dan pita

Jika kucing kamu cacingan, lebih baik segera dibawa ke dokter hewan. Sebab, kucing mampu menularkannya lewat air liur atau kotoran kucing yang mengandung telur cacing atau larva. Jika tak berhati-hati, telur tersebut mampu menempel kepada manusia dan berkembang biak.

Bartonellosis

Yang satu ini adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada kucing. Bakteri ini mampu menular ke manusia lewat gigitan atau cakaran kucing. Bakteri ini mampu sebabkan demam dan pembesaran getah bening. Jadi setelah digigit kucing atau dicakar, lebih baik segera cuci tangan dan bersihkan pakai alkohol.

Kriptosporidosis

Selanjutnya, kriptosporidosis merupakan penyakit parasit Crytosporidium yang ditularkan dari kotoran kucing. Penyakit ini mampu sebabkan diare hebat pada manusia lho. Jadi harus waspada ya, Beauty!

Baca Juga: Jangan Telat! Pahami Gejala Graves Disease Autoimmune Hyperteroid Ini!

Baca Juga: Kucing Peliharaan di Inggris Terinfeksi Virus Corona! Yuk, Para Pecinta Hewan Kenali Gejalanya...

Toxoplasma

Terakhir, penyakit yang sering kamu dengar, yaitu toxoplasma. Penyakit ini berasal dari kotoran kucing yang mengandung parasit. Biasanya, hal ini sangat berbahaya untuk ibu hamil dan mampu sebabkan keguguran atau gangguan kehamilan.

Semoga bermanfaat ya! Dan harus tetap menjaga kebersihan!