Kabar bahagia nih, Beauty! Ribuan vaksin virus corona yang diproduksi oleh Sinovac, salah satu perusahaan farmasi berasal dari China, telah sampai di Indonesia. Kabarnya vaksin tersebut akan diuji secara klinis oleh perusahaan berbasis kesehatan milik negara, Bio Farma.

Vaksin corono tersebut diketahui berjumlah 2.400 vaksin dan akan segera diuji klinis fase 3 pada bulan Agustus mendatang hingga jangka waktu enam bulan. Pemerintah menargetkan vaksin ini selesai uji klinis fase 3 pada tahun awal tahun 2021.

"Uji klinis vaksin COVID-19 ini akan dilaksanakan di Pusat Uji Klinis yaitu Fakultas Kedokteran UNPAD yang akan mengambil sampel sebanyak 1.620 subjek rentang usia 18-59 tahun dengan kriteria tertentu," imbuh Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir seperti dikutip dari keterangan pers, Selasa (21/7/2020).

Baca Juga: Dokter: Cegukan Terus-menerus Bisa Jadi Gejala Terinfeksi Virus Corona! Beneran?

Baca Juga: Waduh, Cuma Ada 3 Provinsi yang Laporkan Nihil Kasus Corona Baru Per 7 Agustus 2020! di Mana Saja?

"Jika uji klinis vaksin Covid-19 fase tiga lancar, Bio Farma akan memproduksinya pada kuartal pertama 2021. Kami mempersiapkan fasilitas produksi kapasitas maksimal 250 juta dosis," sambungnya.

Hingga kini belum ada kepastian siapa saja yang akan mendapatkan vaksin tersebut. Dalam pengembangan vaksin ini, Bio Farma diketahui bekerja sama dengan beberapa pihak, salah satunya dengan Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPOMN).