Masuk sekolah sudah lewat dari seminggu, Moms. Dalam Pandemi ini, ternyata sebagian sekolah yang berada di zona hijau dapat menerapkan proses pembelajaran tatap muka di masa pandemi virus corona (COVID-19). Jadi, anak-anak akan bersiap masuk sekolah dengan konsep new normal, Moms!

Nah, menurut beberapa sumber, untuk adaptasi yang baru ini, Moms harus memperhatikan hal-hal ini, ya!

1. Jelaskan apa era new normal pada si kecil

Moms harus memberi gambaran ini kepada anak supaya mereka tetap waspada ketika nantinya kembali ke sekolah. Kasih edukasi yang tepat kepada anak tentang apa yang boleh dan nggak boleh dilakukan jika masuk sekolah secara luring selama pandemi virus corona masih berlangsung. 

Baca Juga: Jangan Sampai Anak Bosan! Aktivits Fisik Jadi Solusinya, Moms

Baca Juga: Antibodi Bermasalah, Working Moms Waspada Alergi Pada Anak!

2. Membiasakan anak untuk menggunakan masker 

Ketika berada di luar rumah mulai biasakan si kecil ya, Moms, untuk memakai masker. Masker yang digunakan pun sebaiknya memiliki dua sisi dengan warna yang berbeda sehingga mereka bisa membedakan mana sisi bagian luar dan dalam. Pastikan juga ukuran masker tepat dan pas di wajah sehingga mereka tidak perlu berulang kali membetulkan posisi masker di wajah. Jelasin juga saat membuka masker, pastikan mereka nggak menyentuh bagian depan yang mungkin saja telah terkontaminasi. 

3. Cuci tangan adalah keharusan 

Biasanya disepelekan meskipun hal ini mungkin saja terkesan biasa. Nah, pastikan agar mereka senantiasa mencuci tangan, terutama setelah beraktivitas atau menyentuh benda-benda yang kemungkinan besar disentuh banyak orang. Pastikan juga Moms membekali hand sanitizer dalam tas mereka.  

4. Enggak boleh menyentuh wajah 

Nggak menyentuh wajah secara langsung dalam kondisi apa pun harus dijelasin terus menerus ya, Moms. Jikapun terpaksa harus menyentuh wajah atau menyapu keringat, ajarkan anak untuk cuci terlebih dahulu tangan dengan sabun dan air mengalir lalu gunakan sapu tangan pribadi untuk mengeringkan keringat tersebut. Jangan lupa menjaga kontak langsung dengan orang di lingkungan sekolah yang terlihat sakit 

5. Membawa bekal dari rumah 

Selama pandemi COVID-19 belum usai, kalau sempat, anak-anak membawa bekal makanan dan perangkat makanan sendiri ya, Moms. Risiko tertular dari uang kembalian yang terkontaminasi juga bisa dikurangi dengan cara ini. Selain itu, jelaskan pada anak supaya nggak melakukan berbagi makanan dan minuman kepada teman dalam wadah yang sama, ya!

Baca Juga: Corona Belum Usai, Virus 'Tick-Borne' Mewabah di China, Apa Itu?

Baca Juga: Working Moms, Begini Mengatur Waktu Selama WFH!

Jaga kesehatan dan selalu waspada, Moms!