Menu

Awas! Pakai Ayunan Anak Resikonya Tinggi, Moms

21 Juli 2020 21:15 WIB
Awas! Pakai Ayunan Anak Resikonya Tinggi, Moms

anak sedang diayunan ditemani ibunya (pinterest/edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Moms harus waspada pada ayunan bayi yang biasa digunakan Moms. Meskipun terlihat praktis digunakan, perlengkapan bayi ini dianggap dapat membuat bayi menjadi lebih tenang, membuai dan membuat bayi mudah tertidur.  

Melansir healthychildern, Seorang Dokter Spesialis Anak sekaligus Ketua American Academy of Pediatrics Council on Injury, Violence and Poison Prevention, Ben Hoffman,  menjelaskan bahwa penggunaan ayunan bayi berbahaya bila tanpa pengawasan atau bila digunakan untuk bayi tidur, Moms.

"Menggunakan ayunan aman selama bayi terjaga dan diawasi. Itu tidak apa-apa. Tetapi begitu bayi tertidur di ayunan dan atau ditinggal di atas ayunan tanpa pengawasan, itu jadi berbahaya," tutur Ben Hoffman.  

Moms, kalau si kecil belum bisa duduk, gerakan tubuh maupun ayunan dikhawatirkan membuat si kecil terjatuh sehingga bisa menimbulkan luka memar, cedera kepala berat hingga sesak napas.  

Gak cuma itu, Moms. Ayunan bayi yang diberi pengaman pun nggak menjamin si kecil diam saja dan nggak merubah posisinya sampai miring, keluar dari pengaman, tercekik tali hingga tertindih bantalan bahkan bagian lain dari ayunan tersebut. Bayi bisa meninggal karena kelalaian, Moms!

Hoffman menjelaskan bahwa ayunan bayi sering membuat si kecil tidur dengan nyaman, yaitu dengan posisi miring. Tapi posisi miring ternyata nggak baik untuk kesehatan bayi. Jadi sebaiknya, jangan biasakan bayi tertidur di ayunan ya, Moms! 

Pemakaian ayunan bayi berpotensi menimbulkan bahaya. Makanya, Moms jangan terlalu sering menaruh si kecil di ayunan.  

Biasakan si kecil tidur di tempat tidurnya saja ya, Moms!

Baca Juga: Jangan Asal Moms! Ini 6 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan saat Kasih Mainan ke Balita, Jangan Sampai Nyesel!

Baca Juga: Moms Harus Tahu! Ini 3 Tanda Anak Merasa Tertekan, Salah Satunya...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.