Kue Klepon kini tengah menyita perhatian publik. Hal ini lantaran salah satu akun di Twitter membagikan meme mengenai kudapan tradisional ini dan disebut tak Islami. Sontak hal tersebut menuai beragam reaksi dari warganet. Banyak di antara mereka bertanya-tanya, dasar apa yang menyebutkan jajanan tradisional ini tak Islami.

Kue Klepon merupakan kudapan tradisional favoritnya masyarakat Indonesia. Kue Klepon memiliki tekstur yang begitu lembut dan kenyal serta isian gula merah atau gula aren yang begitu memanjakan lidah. Kue Klepon berbentuk bulat dan berwarna hijau, biasanya kudapan ini disajikan dengan taburan parutan kelapa yang gurih.

Seperti yang disebutkan beberapa sumber, kue Klepon sudah ada sejak 1950-an silam. Dulu, kudapan ini disajikan di berbagai restoran Indonesia, Belanda, hingga Cina. Wah, kue legendaris banget ya, Beauty?!

Baca Juga: Resep Banana Muffin Bar, Camilan Manis Teman Nyantai di Sore Hari!

Baca Juga: Resep Apem Kukus Gula Merah Super Lembut, Kue Tradisional Teman Minum Teh Sore Hari!

Hingga saat ini, kue Klepon sangat mudah ditemui dipasaran. Enggak cuma itu, kue Klepon juga mudah dibuat sendiri di rumah lho! Beauty, penasaran dan tertarik ingin menjajal kudapan tradisional yang lagi viral saat ini? Yuk intip resep Kue Klepon Gula Merah tanpa kapur sirih kreasi Tintin Rayner, seperti dikutip dari laman cookpad.com, Rabu (22/7/2020).

Bahan-Bahan

Bahan bola ketan:

  • 250 gr tepung ketan (rosebrand)

  • 50 gr tepung beras (rosebrand)

  • Air, secukupnya

Bahan isian:

  • Gula merah, disisir sesuai selera

Bahan balutan:

Baca Juga: Wadaw! Daging Beku? Lakukan 3 Cara Aman Supaya Daging Bisa Diolah

Baca Juga: Yummy! Makan Siang dengan Udang Mayonaise Yuk, Begini Resepnya Enggak Pakai Ribet

  • Kelapa parut, dikukus selama 20 menit biar enggak gampang basi

Cara membuat

  1. Uleni bahan bola-bola sampai bisa dipulung. Jangan terlalu lunak, nanti kelponnya gembos. Kalau terlalu kering, nanti gula merahnya bisa lumer ke luar.
  2. Ambil sedikit adonan, isi bagian tengahnya dengan gula merah sisir. Lalu bentuk menjadi bulat seperti bola dan sisihkan.

  3. Rebus air hingga mendidih. Masukkan bola-bola dan masak hingga matang. Kalau sudah matang akan mengambang di permukaan dan angkat.
  4. Gulingkan bola-bola di kelapa parut dan sajikan!

Yummy!!! Sekali gigitan, gula merah di dalamnya bikin lumer di mulut!

Happy cooking, Beauty!