Beauty, kamu tipe orang yang suka bangun pagi atau bangun siang? Kalau suka bangun pagi, itu akan berikan manfaat kesehatan untuk tubuh lho. Manfaat kesehatan bangun pagi dapat dirasakan oleh kalangan wanita. Ini dia sebabnya!

Menurut BBC, penelitian baru mengatakan bahwa orang-orang yang terbiasa bangun pagi memiliki risiko terkena kanker payudara yang lebih rendah dibanding wanita yang bangun siang dan tidur lebih larut. Para ahli telah mempresentasikan penelitian di NCRI Cancer Conference di Glasgow, Skotlandia. Para peneliti mengatakan bahwa semakin awal waktu kamu untuk tidur dan semakin awal waktu bangun di pagi hari, akan semakin baik kesehatan tubuh yang kamu miliki.

Sebuah tim profesional kesehatan menganalisis data dari 180.215 wanita yang terdaftar di proyek Biobank Inggris, dan 228.951 wanita yang telah menjadi bagian dari studi asosiasi genom kanker payudara. Para peneliti menggunakan metode genetik yang dikenal sebagai pengacakan Mendel untuk studi ini.

Hasilnya para peneliti menemukan bahwa wanita yang lebih suka bangun pagi hari mendapat 48% manfaat kesehatan payudaranya daripada wanita yang suka tidur malam dan bangun siang karena lebih berisiko terkena kanker payudara. Dengan menggunakan data waktu tidur dari 180.000 peserta, penelitian ini membuktikan bahwa wanita yang melaporkan terbiasa tidur selama tujuh hingga delapan jam per malam juga memiliki hidup yang lebih bahagia.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Menyusui Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara?

Baca Juga: Wanita Catat Ya! Ini Sederet Cara Ilmiah Cegah Kanker Payudara

Sebagian besar orang dewasa yang sehat membutuhkan tidur antara 7 hingga 9 jam per malam untuk kesehatan. Dan terlepas dari kesalahpahaman bahwa kita membutuhkan lebih sedikit tidur seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang tua masih membutuhkan setidaknya 7 jam tidur setiap malam.