Olahraga merupakan salah satu cara untuk menyehatkan badan. Namun, ada hal yang enggak kalah penting untuk diperhatikan sebelum berolahraga. Adalah waktu terbaik untuk melakukan olahraga demi roptimalkan manfaat kesehatan.

Mungkin kamu bisa coba olahraga di pagi hari saat perut kosong. Berolahraga di pagi hari terutama dengan perut kosong adalah cara terbaik untuk membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh. Ini menjadi waktu ideal untuk kamu yang bertujuan menurunkan berat badan.

"Menurunkan berat badan dengan olahraga di pagi hari saat perut kosong bisa terjadi karena komposisi hormon tubuh pada pagi hari dibentuk untuk mendukung tujuanitu," kata Anthony Hackney, seorang profesor di departemen olahraga dan ilmu olahraga di University of North Carolina Chapel Hill, seperti dilansir dari TIME (22/7/2020).

Baca Juga: Picu Adrenalin, Nonton Film Horor Bisa Turunkan Berat Badan Lho!

Baca Juga: Benarkah Minum Air Hangat Bisa Turunkan Berat Badan?

"Pada pagi hari, kamu memiliki profil hormon yang akan membuat tubuh cenderung memiliki metabolisme lemak yang lebih baik," sambungnya.

Orang-orang secara alami memiliki peningkatan kadar kortisol dan hormon pertumbuhan di pagi hari. Kedua hormon ini terlibat dalam metabolisme sehingga dapat menarik lebih banyak energi dari cadangan lemak di tubuh. Itu berpotensi untuk membantu proses penurunan berat badan.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga pagi mungkin dapat mengurangi nafsu makan sepanjang hari, yang juga dapat membantu melindungi tubuh dari penambahan berat badan.

Tetapi jika kamu benar-benar bukan orang yang biasa melakukan olahraga di pagi hari terlebih saat perut kosong, jangan memaksakannya. Kamu bisa coba untuk olahraga pagi dengan intensitas yang ringan terlebih dahulu.

Baca Juga: Menjadi Instruktur Zumba untuk Melewati Masa Sulit, Denada: Merupakan Pilihan Tepat Bagi Saya!

Baca Juga: Kamu Sering Berolahraga dalam Keadaan Perut Kosong? Kira-Kira Boleh Nggak Ya Kayak Gitu?

"Anda mungkin berolahraga, tetapi mungkin pada tingkat intensitas rendah sehingga Anda benar-benar tidak menghabiskan banyak energi," jelasnya.