Jerawat yang muncul pada permukaan kulit, kerap membuat resah banyak orang terutama kaum Hawa. Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang melakukan berbagai perawatan kulit untuk mengatasi jerawat. Entah perawatan kulit dengan dokter kecantikan atau bahkan perawatan rumahan menggunakan bahan-bahan alami.

Ngomong-ngomong soal perawatan menggunakan bahan alami, kunyit menjadi salah satu bahan dapur yang kerap digunakan untuk mengatasi jerawat. Mengutip dari laman Boldsky, Rabu (22/7/2020), kunyit kaya akan sifat antibakteri dan anti-inflamasi di dalamnya serta memiliki efek tarapeutik pada kulit.

Kunyit mengandung komponen aktif yang kuat, seperti curcumin dan polifenol yang ampuh mengatasi jerawat. Enggak cuma itu, kunyit juga ampuh menyembuhkan luka pada kulit dan menenangkan jerawat yang meradang. Kunyit juga dapat menghilangkan bekas jerawat pada wajah lho, Beauty! 

Baca Juga: Wadaw! Pakai Sunscreen Bikin Nggak Bisa Make Up? Coba yang Mengandung ini..

Baca Juga: Atasi Kulit Kering dengan 5 Masker Buah Alami Ini, Perawatan Akhir Pekan yang Super Murah!

Kamu juga bisa mengkombinasikan kunyit dengan bahan alami lainnya untuk hasil yang lebih maksimal. Penasaran bisa dikombinasikan dengan bahan alami apa saja? Yuk simak 5 cara mengatasi jerawat dengan kombinasi kunit dan bahan alami lainnya berikut.

Kunyit dengan lidah buaya

Beauty, lidah buaya itu terbukti sangat ampuh melawan jerawat. Lidah buaya memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang membantu menyembuhkan kulit berjerawat lebih cepat.

Untuk penggunaannya, kamu hanya membutuhkan 1/2 sdt bubuk kunYIt dan 2 sdm gel lidah buaya. Campur kedua bahan tersebut ke dalam mangkuk. Lalu, olesi campuran tersebut ke area jerawat dan biarkan selama 10 menit. SeTelah itu, bilas menggunakan air bersih.

Kunyit dengan madu

Madu merupkan bahan alami yang mampu melembutkan kulit. Kunyit akan memerangi jerawat dengan kandungan di dalAmnya, sementara itu madu akan menjaga kulit tetap lembab dan juga lembut. Madu juga memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat pada kulit.

Baca Juga: Uhuy! Begini Caranya Selalu Instagramable..

Baca Juga: Biar Enggak Iritasi, Ini 6 Tips Jitu Memilih Produk Kecantikan untuk Kulit Sensitif

Campurkan 1/2 sdt madu dan 1 sdt bubuk kunyit di dalam wadah. Olesi campuran ke bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Kunyit dengan yoghurt

Asma laktat yang terkandung pada Yoghurt akan membantu pengelupasan kulit secara ringan. Kulit wajah terlihat lebih bersih dan juga terbebas dari jerawat dalam kurun waktu yang cukup lama.

Beauty, kamu bisa menggunakan campuran 2 sdm yoghurt dan 1/2 sdt bubuk kunyit. Olesi campuran tersebut ke area wajah berjerawat dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih ya.

Kunyit dengan susu

Sama seperti yoghurt, susu mengandung asam laktat yang dapat membersihkan kulit. Kulit akan terbebas dari bakteri yang berbahaya. Campuran susu dan kunyit juga sangat ampuh untuk mencegah jerawat.

Di dalam mangkuk, campur 2 sdm susu dan 1/2 sdt kunyit. Olesi campuran tersebut ke area jerawat dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 10 menit hingga mengering dan bilas menggunakan air bersih.

Kunyit dengan lemon

Terakhir kamu bisa menggunakan campuran kunyit dengan lemon untuk mengatasi jerawat. Lemon memiliki sifat antibakteri yang menjaga kulit tetap bersih dan terhindar dari bakteri yang berbahaya. Enggak cuma itu, sifat antiseptik didalamnya juga mempu mengeringkan jerawat.

Campur 1/2 sdt kunyit dengan 1 sdm perasan lemon dan aduk hingga menjadi pasta, Olesi pasta tersebut pada area yang terdampak. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air.

Semoga bermanfaat!