Menu

Tanda Diabetes Bisa Muncul di Miss V Lho, Gejalanya Termasuk Keputihan?

15 Maret 2022 16:00 WIB
Tanda Diabetes Bisa Muncul di Miss V Lho, Gejalanya Termasuk Keputihan?

Ilustrasi vagina yang mengalami keputihan (Pexel/Ivan Babydov)

HerStory, Jakarta —

Diabetes adalah penyakit yang umum, namun ini menjadi penyakit mematikan setelah kanker dan penyakit jantung. Diabetes secara bertahap mempengaruhi setiap organ dalam tubuh dan dapat membahayakan nyawa jika tak dikelola dengan benar.

Diabetes bisa berakibat fatal jika gejalanya diabaikan. Studi mengatakan bahwa wanita lebih rentan terkena diabetes di usia 40-an dibandingkan pria. Ini bisa karena menopause atau perimenopause.

Jika tak terdiagnosis, diabetes pada usia 40 tahun dapat menyebabkan komplikasi lain seperti kebutaan, penyakit saraf, dan disfungsi ginjal. Namun, ternyata ada lho tanda khas diabetes yang dialami oleh wanita, yakni keputihan.

Dilansir dari Boldsky (15/3/2022) salah satu tanda yang khas apabila wanita berusia 40 tahunan mengalami diabetes adalah munculnya infeksi jamur di vagina. Jamur bernama Candida berada secara normal di vagina tetapi dapat tumbuh lebih banyak karena ketidakseimbangan insulin, yang menyebabkan infeksi jamur.

Tanda-tanda umum termasuk gatal dan keluarnya cairan keputihan dari vagina. Jadi, apabila kamu sering mengalami keputihan ada baiknya untuk periksakan diri ke dokter agar mengetahui apakah mungkin ada masalah kesehatan yang mengintaimu.

Baca Juga: Catat Baik-Baik! Ini 6 Jenis Keputihan yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: Sering Alami Keputihan? Ikuti 5 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana