Banyak orang tua yang melarang buah hatinya untuk bermain. Orang tua biasanya melarang anaknya untuk bermain karena khawatir akan sesuatu hal buruk terjadi. Padahal bermain jadi salah satu cara untuk menambah wawasan si kecil lho.

Untuk itu, menyambut Hari Anak Nasional 2020,  psikolog dan juga Ketua Ikatan Psikologi Klinis Jakarta, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si.,Psi., mengingatkan orang tua untuk mulai mengizinkan anak bermain demi tumbuh kembangnya.

“Tak hanya penting bagi tumbuh kembang anak, bermain berikan banyak manfaat,  seperti memperkaya wawasan tentang solusi masalah,  meningkatkan rasa keberhasilan, mengasah koordinasi motorik, dan mengasah kemampuan sosial," ujarnya saat diskusi virtual #MainYuk dari Rumah Bareng Paddle Pop, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga: Aneh Banget! Ibu Bangunkan Anak dengan Cara Menjilatinya Setiap Hari, Kok Bisa Ya?

Baca Juga: Jangan Dianggap Remeh! Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Mental Si Kecil

"Menurut Michele Capurso dalam sebuah penelitian pada tahun 2016, salah satu manfaat dari bermain bagi anak adalah meningkatkan kemampuan untuk coping yang merupakan kemampuan untuk menghadapi dan mengatasi tantangan atau masalah  dengan baik dan tenang," sambungnya.

Selain itu, Anna juga mengatakan bahwa bermain bisa membuat anak menjadi pribadi yang kreatif. Itu merupakan salah satu hal yang dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang anak.

"Tantangan yang akan dihadapi anak-anak kita di masa depan tidak sama dengan yang kita hadapi sekarang. Mereka perlu dibekali bukan saja dari segi akademis, tapi juga dari segi kreatifitas, karakter dan kemampuan bersosialisasi yang bisa didapat dari bermain,” imbuhnya.

“Yang betul-betul memberikan manfaat buat anak bukanlah mainan atau permainan, namun proses bermain yang dilakukan anak. Orangtua bisa membantu anak untuk menciptakan mainan, mengusulkan permainan yang akan dilakukan, dan bermain bersama anak. Dengan demikian, anak bisa mendapatkan manfaat yang jauh lebih besar untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya,” tutupnya.

Baca Juga: Terharu Banget! Gunakan Jas Hujan Plastik buatan Sang Ayah, Gadis ini Menangis Terharu!

Baca Juga: Selamat Hari Anak Nasional! Ini Tips agar Anak Tak Lupa Waktu saat Bermain, Dicatat Ya Moms