Penyebaran virus corona di belahan dunia masih terus terjadi. Terlebih di Indonesia, kasus pasien virus corona pun masih terus bertambah.

Sudah berbulan-bulan virus ini meginfeksi tubuh manusia, membuat para ilmuwan berlomba-lomba untuk membuat vaksin guna mengusir virus ini. Hingga kini sudah beredar kabar bahwa beberapa kandidat vaksin virus corona sudah siap diproduksi massal. Masyarakat pun menyambut baik kabar ini.

Namun, berbeda dengan ilmuwan asal Perancis, Arnaud Fontanet. Ia merasa pesimis bahwa vaksin yang kabarnya siap di awal tahun 2021 akan bekerja optimal untuk membasmi virus corona.

Baca Juga: Dokter: Cegukan Terus-menerus Bisa Jadi Gejala Terinfeksi Virus Corona! Beneran?

Baca Juga: Waduh, Cuma Ada 3 Provinsi yang Laporkan Nihil Kasus Corona Baru Per 7 Agustus 2020! di Mana Saja?

Pakar epidemiologi ini mengatakan bahwa umumnya vaksin diciptakan dengan maksimal dalam jangka waktu yang lama. Sehingga, ia merasa bahwa vaksin corona ini masih belum ampuh menghempaskan virus corona.

"Vaksin butuh waktu pengembangan selama bertahun-tahun. Tentu saja, ada banyak upaya baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya dalam mengembangkan vaksin. Tetapi, saya akan terkejut jika kita memiliki vaksin yang efektif pada 2021," katanya saat berbincang dengan stasiun televisi kabel BFMTV.

Untuk itu, ia kembali mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dengan menaati protokol kesehatan yang berlaku. Meskipun sudah ada vaksin, jangan sampai menyepelekan virus ini.