Menu

Jangan Abai, Beauty! Ini 6 Dampak Negatif Pelecehan Verbal, Serem Banget! Bisa Berujung...

16 Maret 2022 11:35 WIB
Jangan Abai, Beauty! Ini 6 Dampak Negatif Pelecehan Verbal, Serem Banget! Bisa Berujung...

Ilustrasi korban kekerasan seksual. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Berbeda dengan pelecehan seksual, pelecehan verbal dilakukan dengan cara membuat korbannya merasa risih dan tertekan lewat kalimat yang diucapkan oleh pelaku.

Tindakan ini menggunakan lisan maupun gerakan tubuh tanpa melibatkan sentuhan fisik. Ada jenis pelecehan verbal yang juga beragam, antara lain bersiul dan berkomentar dengan nada cabul.

Konsekuensi dari pelecehan verbal bisa dirasakan oleh siapa saja. Meski demikian, efek yang parah bisa bertahan lama untuk sembuh dari trauma.

Ada enam efek negatif bagi korban yang merasakan pelecehan verbal. Simak ulasannya yang dilansir dari Healthy Place.

Depresi

Efek dari pelecehan verbal yang berkepanjangan dapat membuat korban menjadi depresi. Pada saat mengalami depresi, korban yang mengalami pelecehan verbal dapat merasakan kesedihan, keputusasaan, perasaan hampa, sulit tidur, hingga tidur berlebihan.

Perubahan Suasana Hati

Perubahan suasana hati adalah efek samping psikologis bagi korban yang mengalami pelecehan verbal. Biasanya, kejadian ini terjadi pada saat korban terjebak di hubungan yang toksik. Ketika korban mengalami pelecehan dan hubungan yang toksik, perubahan suasana hati bisa menjadi kacau. Bahkan sulit untuk mengontrol perasaannya sendiri.

Menurunkan Harga Diri

Korban yang mengalami pelecehan verbal, kemungkinan besar akan menurunkan harga dirinya, bahkan merasa direndahkan. Dari efek tersebut, korban akan mengalami tekanan yang dapat menyebabkan perasaannya menjadi tak berharga.

Baca Juga: Miris! Lisa Blackpink Mengalami Pelecehan Seksual di Negeri Asalnya

Baca Juga: Miris! Cerita Mahasiswi UI Alami Pelecehan Seksual di Kampus, Petugas Malah Enggak Berani Bertindak!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza