Tahukah kamu apa yang nggak boleh dilakukan setelah keguguran? Keguguran atau miscarriage atau spontaneous abortion adalah gagalnya kehamilan secara spontan sebelum usia kandungan berusia 20 minggu, atau sebelum janin dapat hidup di luar kandungan.

Dilansir dari American Pregnancy Association (APA), keguguran adalah masalah yang sering terjadi oleh 15-25% ibu hamil yang kandungannya bermasalah. Nah, dokter biasanya melakukan tindakan dilatation and curettage atau kuret. Tindakan ini maksudnya adalah untuk membersihkan atau mengeluarkan jaringan dari dalam rongga rahim yang tersisa setelah keguguran, Moms.

Nah, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Gita Pratama, SpOG, menjelaskan bahwa trimester pertama kehamilan menjadi usia rawan seorang wanita mengalami keguguran, lho.

Baca Juga: Hamil Anak Ke-3, Karen Hertatum sampai Nangis dan Marah ke Dede Sunandar

Baca Juga: Bikin Heboh! Dua Wanita Kembar Ini Saling Berbagi Pasangan yang Sama dan Ingin Hamil Bersamaan!

Kuret ini bisa jadi salah satu cara untuk mengeluarkan sisa konsepsi setelah keguguran yang umumnya dilakukan pada usia kehamilan di bawah 12 minggu, dr. Boy Abidin, SpOG menjelaskan bahwa setelah tindakan kuret selesai, biasanya wanita akan merasakan beberapa hal seperti kram perut dan keluarnya sisa-sisa flek selama 3-7 hari. Makanya dokter akan memberikan obat untuk menghilangkan atau mengatasi nyeri tersebut. 

Setelah itu, ada hal-hal yang nggak boleh dilakukan sehabis kuret, simak, ya!

1. Enggak berhubungan intim

Pasien nggak berhubungan seks sampai pendarahan berhenti total. Tapi setelah pendarahan sudah berhenti, pasien pun disarankan untuk menggunakan alat kontrasepsi selama 2-3 bulan pasca kuret supaya menunda kehamilan, sampai kondisi wanita benar-benar pulih, baik secara fisik atau psikologis.  

2. Enggak memasukkan apapun ke dalam vagina

Pasien tidak boleh memasukkan apa pun ke dalam ke dalam vagina hingga beberapa minggu ke depan. Berhubungan intim saja memang nggak boleh, kan?

Baca Juga: Waduh! Wanita ini Kaget Ketika Melihat Selingkuhan Suami Melahirkan di Waktu dan Tempat yang Sama!

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Bisa Tularkan Virus Corona ke Calon Buah Hati?

3. Enggak mandi

Pasien dilarang mandi selama 3 hari atau bahkan lebih, lho! Ikuti anjuran dokter, ya.

4. Jangan angkat beban berat

Pasien dilarang mengangkat beban berat selama beberapa hari, jangan sampai pendarahan lagi karena memaksakan ini ya!

Itulah yang nggak boleh dilakukan setelah keguguran, jangan lupa ikuti anjuran doktermu.