Jika kamu ingin melindungi diri dari penyakit pilek dan flu, coba rutin olahraga deh. Olahraga teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga penyakit jarang menginfeksi tubuh. Namun, jika dalam kondisi sakit, apakah tetap boleh berolahraga?

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga aerobik moderat sekitar 30 hingga 45 menit aktivitas sehari, seperti berjalan, bersepeda, atau berlari dapat mengurangi risiko seseorang terkena infeksi saluran pernapasan dan penyakit musim dingin umum lainnya.

Dr. Bruce Barrett, seorang profesor kedokteran keluarga di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat Universitas Wisconsin mengatakan bahwa ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa olahraga yang sangat intens lari maraton merupakan cara yang bagus untuk melindungi diri dari penyakit.

Baca Juga: Menjadi Instruktur Zumba untuk Melewati Masa Sulit, Denada: Merupakan Pilihan Tepat Bagi Saya!

Baca Juga: Kamu Sering Berolahraga dalam Keadaan Perut Kosong? Kira-Kira Boleh Nggak Ya Kayak Gitu?

"Sistem kekebalan membutuhkan aktivitas untuk melakukan tugasnya dengan lebih baik. Setiap kali berolahraga, tubuh meningkatkan sirkulasi sel-sel kekebalan yang penting," imbuh David Nieman, seorang profesor dan direktur Lab Kinerja Manusia di Appalachian State University

Tetapi jika kamu sedang menderita flu atau infeksi sistemik penyebab demam lainnya, olahraga adalah ide yang buruk. Tubuh yang sedang sakit atau sedang terinfeksi dapat bereaksi sangat buruk terhadap aktivitas fisik.

"Banyak atlet memiliki gagasan bahwa, jika saya demam, saya harus mengeluarkan keringat. Itu ide paling gila yang pernah ada," beber David.

"Jangan pernah berolahraga dengan flu atau demam," imbaunya.

Baca Juga: Kamu Punya Masalah Skoliosis dan Bingung Memilih Olahraga yang Aman? Tenang! Coba deh Gerakkan Berikut Ini!

Baca Juga: Ingin Turunkan Berat Badan? Olahraga Pagi Jadi Waktu Terbaik untuk Bakar Lemak Nih, Jangan Sampai Kelewatan Ya!