Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Biasanya orang sehat ditandai dengan memiliki tekanan darah yang normal. Pasalnya tekanan darah berfungsi untuk memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Untuk itu, banyak orang yang menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi sayur dan buah. Namun, tahukah kamu bahwa terlalu banyak mengonsumsi jus buah bisa meningkatkan tekanan darah? Berikut penjelasannya.

Buah diciptakan dengan berbagai macam jenis dan manfaat. Keberagaman buah tersebut membuatnya berbeda, ada yang baik dikonsumsi, ada juga yang berbahaya. Melansir TIME (23/7/2020) sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite menunjukkan bahwa minum jus buah yang dipenuhi gula berpengaruh terhadap tekanan darah.

Baca Juga: Cara Simpel Membuat Berbagai Macam Green Juice Segar dan Nikmat, Lihat Yuk!

Baca Juga: Konsumsi Jus Buah Setiap Hari untuk Dapatkan Kulit Sehat dan Glowing, Cobain Yuk!

"Terlepas dari persepsi umum bahwa jus buah itu sehat, jus buah justru mengandung gula yang tinggi tanpa mengandung serat alami buah" tulis para peneliti.

"Serat yang hilang itu membantu memperlambat penyerapan gula dalam bentuk buah utuh, yang merupakan bagian dari alasan mengapa makan buah lebih baik daripada meminumnya dalam kondisi telah berbentuk jus," tambahnya.

Para peneliti melihat hubungan antara konsumsi jus dan tekanan darah di antara 160 orang dewasa. Para peserta penelitian diminta untuk mengungkapkan apakah mereka jarang minum jus buah manis, sesekali atau setiap hari. Para peserta yang minum jus buah setiap hari diketahui lebih cenderung memiliki tekanan darah lebih tinggi dibandingkan dengan peserta yang jarang mengonsumsi jus.

Untuk itu, para peneliti menyarankan untuk membatasi konsumsi jus harian demi menyehatkan tubuh dengan menjaga tekanan darah normal. Lebih baik mengonsumsi buah utuh langsung daripada harus diproses menjadi jus terlebih dahulu. Meski begitu, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lebih lanjut mengenai hubungan jus buah dengan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Penelitian: Terlalu Banyak Minum Jus Buah Bisa Tingkatkan Risiko Kematian! Wah Kok Bisa?

Baca Juga: Mampu Menangkal Virus Corona! Yuk Konsumsi Buah Jeruk dengan Kulitnya Agar Terhindar dari Bahaya COVID-19