Beauty, banyak lho wanita yang menginginkan berat badan ideal. Sangking inginnya, mereka akan melakukan apa saja demi mendapatkan tubuh yang ramping dan seksi. Ada yang melakukan operasi, sedot lemak, dan melakukan diet ketat. Nah berbicara tentang diet, kali ini HerStory akan membahas diet sehat dari buah-buahan.

Menurut pakar nutrisi mengatakan bahwa dalam menurunkan berat badan, aspek penting yang harus kamu ketahui adalah menjaga rasa kenyang dan bertahan lebih lama alias enggak mudah lapar. Bagaimana sih caranya? Tentu saja mengonsumsi buah dengan kandungan tertentu menjadi pilihan yang alternatif.

Dirangkum Everyday Health, Martha Lawder, RDN, presiden Akademi California, menjelaskan beberapa buah mampu menahan rasa kenyang lebih lama dan tak mudah membuat orang lapar.

Baca Juga: Waw! Menurut Studi Kacang Pistachio Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Baca Juga: Mau Diet? Begini Cara Mengurangi Nafsu Makan!

"Buah bisa memberikan kenyang karena seratnya dan buah ini enak. Itu membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk diet," ujar ahli nutrisi dan diet yang dikutip HerStory, Kamis (23/7/2020). Lalu, apa saja sih buah itu? Langsung aja dicoba ya!

Apel

Menurut Kristen Smith, RDN, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics dan ahli diet terlisensi yang berbasis di Atlanta, mengatakan bahwa buah apel memiliki serat yang tinggi dan rendah kalori. Sehingga, buah apel sangat bagus untuk menjadi makanan diet.

"Makanan dengan peningkatan serat bisa membantu memperlambat pencernaan dan membikin Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Agar kenyang dan asupan serat yang optimal, makan dengan kulitnya." tutur Kristen Smith.

Jeruk

Buah yang kedua, yakni jeruk. Buah jeruk yang berukuran sedang menghasilkan 3,14 gram serat atau setara dengan 11 persen dari asupan kebutuhan harian. Itu berlaku jika kamu memakannya secara utuh ya bukan dijadikan jus.

Baca Juga: Picu Adrenalin, Nonton Film Horor Bisa Turunkan Berat Badan Lho!

Baca Juga: Tak Perlu Veneer, Ini Cara Alami untuk Putihkan Gigi

"Jeruk dikemas dengan vitamin C yang menawarkan beberapa manfaat kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh Anda membuat kolagen, dan membantu penyerapan zat besi," kata Smith.  

Mangga

Salah satu studi kecil yang dipublikasikan pada bulan April 2017 di The FASEB Journal, mangga dapat menurunkan tekanan darah dan menstabilkan gula darah. Selain itu, manggah juga memiliki serat banyak yang dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. 
Satu manggah yang utuh, kamu bisa mendapatkan 3.31 gram serat atau setara dengan 12 persen dari yang dibutuhkan setiap hari.

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak baik yang mampu membantu kamu merasa kenyang jauh lebih lama. Buah hijau ini memang memiliki nabati paling berlemak, tapi lemak baik ya.

"Asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam alpukat telah dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik dan mereka meningkatkan tingkat kekenyangan Anda," ungkap Lawder. 

Asal Beauty tahu, alpukat menyediakan 4,55 gram serat atau sekitar 16 persen dari kebutuhan harian kamu lho.

Pisang 

Terakhir, yakni buah pisang. Menurut Kelsey Lorencz, RDN ahli diet yang berbasis di Michigan mengatakan bahwa bagian dari karbohidrat pisang berbentuk serat pektin dan pati resisten.

"Kedua hal ini sebenarnya bisa membantu mengatur gula darah, bukan meningkatkannya," ucap Lorencz. Bentuk pati itu mampu memperlambat pencernaan kamu supaya merasa lebih kenyang dan menjaga kestabilan gula darah.

Semoga bermanfaat ya!