Beauty, tahukah kamu kalau sekarang sedang ramai kabar beredar soal pengecekan suhu menggunakan termometer gun dapat berbahaya bagi kesehatan otak? Termometer gun merupakan sebuah perangkat yang dilengkapi dengan sensor inframerah yang dapat dengan cepat mengukur suhu permukaan tanpa membuat kontak dengan kulit seseorang.

Nah, di tengah pandemi seperti saat ini yang enggak boleh bersentuhan dan harus berjaga jarak, penggunaan termometer gun begitu diperlukan karena itu merupakan salah satu metode untuk mengukur suhu permukaan seseorang tanpa sentuhan atau non-kontak.

Seperti dilansir dari pesacheck.org, seorang dokter di Rumah Sakit Kenyatta, Dr Ngumbau Kitheka mengatakan bahwa suhu inframerah enggak memancarkan energi atau radiasi. Sebaliknya, itu adalah tubuh manusia yang memancarkan inframerah yang diserap oleh termometer gun yang kemudian menginterpretasikan suhu tubuh.

Sensor pada termometer gun mengartikan emisi inframerah dari tubuh sebagai suhu, dan mencerminkan ini sebagai nilai numerik. Sinar laser yang dipancarkan oleh termometer gun digunakan untuk membantu secara akurat titik-titik pada suatu objek yang akan diukur. 

Termometer gun dimaksudkan untuk mengukur suhu tubuh seseorang tanpa perlu kontak dekat. Nah, suhu tubuh yang meningkat adalah salah satu cara mengidentifikasi seseorang yang kemungkinan terinfeksi virus corona atau Covid-19.