Menu

Dukung UMKM Lokal, Pertamina Sediakan 50 Booth di Sirkuit Mandalika

18 Maret 2022 20:48 WIB
Dukung UMKM Lokal, Pertamina Sediakan 50 Booth di Sirkuit Mandalika

Pertamina sediakan 50 booth untuk pelaku UMKM di event MotoGP Mandalika.

HerStory, Jakarta —

Dalam rangka mendukung perekonomian lokal, PT Pertamina (Persero) sudah memastikan akan menyediakan 50 booth yang dapat digunakan secara gratis oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menyediakan kebutuhan penonton Pertamina Grand Prix of Indonesia yang akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022 di sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan salah satu tujuan dukungan Pertama di event Internasional, yaitu dengan mendorong dampak berganda yang positif untuk perekonomian masyarakat di Mandalika maupun seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan, UMKM yang dilibatkan merupakan UMKM lokal yang berasal dari NTB.

Setelah melalui proses kurasi, produknya akan dipamerkan dan diperjualbelikan kepada pengunjung sirkuit.

“Saat ini, Pertamina sedang melakukan kurasi, yaitu dilakukannya pemilihan dan penilaian terhadap UMKM yang akan terlibat dalam kegiatan MotoGP ini. Kami berikan kesempatan bagi pelaku UMKM di NTB untuk menjadi tenant pada booth ini untuk memperkuat dukungan kita bagi tumbuhnya perekonomian lokal,” jelas Fajriyah Usman dalam siaran pers resmi dikutip Jumat (18/03/2022).

Fajriyah juga memaparkan, jika kegiatan yang akan dilakukan merupakan rangkaian aktivitas pemberdayaan UMKM dalam kerangka TJSL Pertamina dalam mendukung kesuksesan event MotoGP Pertamina Grand Prix Indonesia. 

Sebelumnya, Pertamina telah berkolaborasi dengan Pemprov NTB serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menyelenggarakan temu bisnis para pelaku UMKM dengan potential buyer industri perhotelan di sekitar kawasan DPSP Mandalika.

Ini menjadi salah satu langkah untuk kembali meningkatkan sektor ekonomi yang sudah hampir 2 tahun lamanya mengalami masa sulit akibat pandemi Covid-19. 

Fajriyah berharap jika tahun ini menjadi tahun keemasan bagi para pelaku bisnis, terutama pelaku UMKM di Tanah Air. Terlebih, adanya momentum MotoGP Mandalika ini diharapkan mampu mendorong para pelaku UMKM lokal untuk bisa menggaet investor.

“Efek dari kegiatan berskala internasional seperti MotoGP ini sangat luas, tujuan utamanya adalah untuk membangkitkan perekonomian di Indonesia khususnya NTB. Harapannya, kegiatan ini nantinya akan menjadi embrio bagi terciptanya ekosistem yang kuat antara pasok dan permintaan untuk sektor pariwisata di Mandalika sebagai salah satu DPSP,” ujar Fajriyah.

Pertamina pun terus mendorong agar UMKM binaannya mampu meningkatkan akses dan bisa mempromosikan produknya baik di dalam, maupun luar negeri.

Tak hanya secara langsung, Pertamina juga mengajak para pelaku UMKM untuk memanfaatkan platform digital melalui penjualan secara daring.

“Diharapkan UMKM dapat segera menangkap peluang-peluang tersebut, mempelajari dan mengaplikasikannya ke dalam bisnis yang dijalankan hingga akhirnya berubah menjadi digital,” pungkasnya.

Baca Juga: Bantu UMKM untuk Beralih Ke Digital, TikTok Hadirkan Pelatihan Maju Bareng TikTok, Simak Programnya Yuk!

Baca Juga: Dukung UMKM Lokal, Shopee 11.11 Big Sale Gaet Basboi dan Ladang Lima untuk Rajut Budaya Melalui Karya, Seru Banget!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan