Penggunaan sunscreen atau tabir surya memang baik untuk mencegah kulit terhindar dari sinar UV yang berbahaya. Bukan cuma mencegah kulit agar enggak terbakar aja, dengan menggunakan sunscreen bisa menghindari kanker kulit, penuaan dini, hingga hiperpigmentasi kulit. 

Apalagi pada kulit yang berjerawat, sunscreen sangat diperlukan agar jerawat enggak semakin meradang akibat terkena cahaya matahari secara langsung. Beauty dengan kondisi kulit berjerawat, suka bingung enggak sih dengan pemilihan seunscreen yang tepat? Pasti kalian akan khawatir kalau sunscreen yag kalian pilih bisa bikin breakout  dan kondisi jerawat yang semakin parah. 

Biar kalian enggak bingung lagi dengan pemilihan sunscreen yang tepat untuk kulit berjerawat, yuk simak ulasan berikut!

Pilih produk yang bebas minyak dan noncomedogenic

Verrywell Health mengatakan, hal yang paling utama kamu harus lakukan ialah memilih produk sunscreen dengan label bebas minyak di dalamnya. Sunscreen yang bebas minyak membantu menjaga wajah dari minyak yang menempel. Selain itu, harus yang noncomedogenic. Ini berarti pilih produk yang enggak mengandung bahan-bahan yang diketahui dapat menyumbat pori-pori. 

Kamu juga enggak boleh mengaplikasikan tabir surya khusus badan ke wajahmu. Karena formulanya yang terlalu berat dan berminyak sehingga bisa menyebabkan jerawat muncul pada wajah.

Pilih produk yang mudah menyerap

Kalau jenis kulit kamu berminyak, pilih produk dengan tekstur yang mudah menyerap ke dalam kulit. Pilih sunscreen dengan tekstur gel karena formulanya seperti air dan mudah menyerap sepenuhnya ke dalam kulit tanpa meninggalkan white cast. 

Pilih produk dengan kandungan spektrum yang luas

Untuk perlindungan maksimal, selalu gunakan produk dengan spectrum luas, di mana dapat melindungi kulit wajah terhadap sinar UVA dan UVB. Sinar UVA dan UVB minimbulkan kerusaka pada kulit wajah, terutama sinar UVA yang menyebabkan penuaan pada kulit. 

Pilih SPF 30 atau lebih tinggi

Selanjutnya pilih sunscreen dengan kandungan SPF atau lebih dari itu. Sun Protection Factor adalah cara mengukur perlindungan dari sinar UVB. Semakin tinggi SPF nya, semakin banyak pula perlindungan yang diberikan terhadap kulit wajah. 

American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 atau lebih tinggi setiap harinya. Hal ini akan memblokir sekitar 97 persen sinar UV yang masuk.

Hindari kandungan Oxybenzone dan PABA

Kalau kulit kamu cenderung sensitive, hindari penggunaan tabir surya dengan kandungan oxybenzone dan PABA yang bisa mengiritasi kulit. Pilih produk dengan bahan alami yang menggunakan titanium dioksidan dan atau seng oksida sebagai nahan aktif. Ini akan mengurangi iritasi pada kulit dibandingkan tabir surya lainnya.

Gunakan krim pagi dengan kandungan SPF di dalamnya

Sejauh ini, banyak produk krim pagi atau pelembab wajah yang sudah ada kandungan SPF di dalamnya. Kamu bisa menggunakan produk tersebut dan tetap pilih dengan kandungan SPF 30 serta perlindungan spectrum yang luas. 

Gunakan sunscreen bersamaan dengan produk perawatan jerawatmu

Meskipun kamu menggunakan rangkaian perawatan jerawat kamu juga tetap harus menggunakan tabir surya. Aplikasikan rangkaian perawatan jerawatmu terlebih dulu. Kemudian tunggu 20 menit sampai benar-benar meresap dan oleskan tabir surya setelahnya. Dengan begitu, kulit wajahmu terlindung dari sinar UV yang berbahaya.

Nah, Beauty mulai sekarang enggak perlu bingung dan khawatir lagi ya untuk pakai sunscreen meski kulit wajahmu berjerawat!