Beauty, memiliki tubuh yang ideal dan ramping adalah impian bagi semua wanita. Tak heran banyak wanita yang melakukan segala cara untuk mendapat tubuh yang langsing dan kurus. Bahkan, ada lho yang rela melakukan diet ekstrem, operasi, dan sedot lemak untuk menurunkan berat badan. Padahal, cara-cara tersebut banyak banget efek sampingnya.

Nah untuk itu, jika kamu ingin mendapat badan yang ideal, enggak perlu kok melakukan tindakan yang ekstrem. Cukup dengan lima kebiasaan rutin di pagi hari ini, kamu bisa dapatkan badan yang ideal dan langsing. Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (24/7/2020) berikut di antaranya:

Setelah bangun tidur, awali meminum air putih

Salah satu studi dalam jurnal The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism tahun 2006, mengatakan bahwa meminum air putih sebanyak 500 ml setiap pagi usai bangun tidur dan dalam perut kosong, mampu meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30 persen.

Baca Juga: Benarkah Minum Air Hangat Bisa Turunkan Berat Badan?

Baca Juga: Diet Kok Gagal Terus! Begini Cara Jitu Mengurangi Nafsu Makan, Catat Ya!

Jika kamu sedang diet, direkomendasikan untuk meminum air putih dingin ya. Sebab saat air dingin itu masuk ke dalam lambung, tubuh akan menghangatkannya dengan membakar kalori yang masih tersisa. Sehingga lemak dalam tubuh akan semakin berkurang dan tubuh semakin langsing.

Direkomendasikan mengonsumsi teh hijau

Nah buat kamu yang lagi diet, direkomendasikan untuk mengonsumsi teh hijau. Selain mengandung kafein, teh hijau mengandung senyawa katekin yang berfungsi untuk antioksidan dan membantu mempercepat pembakaran lemak.

Menurut sebuah jurnal medis Obesity tahun 2012, mengatakan bahwa kandungan katekin pada teh hijau mampu memecah sel lemak dalam tubuh, sehingga dapat mempercepat pembakaran lemak. Bahkan, dalam seminggu sudah terlihat hasil yang signifikan.

Sarapan mengonsumsi makanan tinggi protein

Menurut sebuah jurnal Research in Sport Medicine tahun 2018, mengatakan bahwa mengonsumsi protein itu sangat penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mampu menahan rasa nafsu makan. Makanan tinggi protein, seperti telur, bubuk protein, Greek yoghurt, kacang hitam, daging ayam tanpa lemak, keju cottage, turkey bacon, dan lainnya.

Baca Juga: Diet di Masa Pandemi? Jaga 3 Hal Ini Supaya Tetap Sehat!

Baca Juga: Anti Gagal Diet Pokoknya! Sederet Buah yang Bikin Perut Kenyang dan Tak Mudah Lapar, Mau Coba?

Jangan lupa untuk menghindari makanan yang terlalu manis saat sarapan pagi ya. Sebab mampu meningkatkan nafsu makan yang bikin gemuk serta penyakit diabetes.

Berjemur dibawah sinar matahari

Sebuah Jurnal yang berjudul Journal of Pharmacology & Pharmacotheurapeutics tahun 2012, mengatakan kalau sinar matahari ini mengantung ultraviolet B yang bagus untuk kulit. Sinar matahari juga mampu memberikan vitamin D yang berfungsi sebagai kontrol hormon pembentuk lemak. 

Selain itu, berjemur di bawah sinar matahari mampu meningkatkan mood akibat tubuh dapat memproduksi lebih banyak hormon bahagia (serotonin). Usahakan berjemur dalam jam 9 atau 10 pagi minimal 10 menit ya. Sebab jika berlama-lama, mampu sebabkan kanker kulit nonmelanoma.

Semoga bermanfaat ya!