Untuk mengisi energi, tubuh membutuhkan makanan. Waktu makan yang penting dilakukan bukan hanya saat sarapan, tetapi makan siang pun jangan sampai kelewatan. Untuk itu, penting memilih makanan yang pas dikonsumsi saat makan siang agar tubuh tetap aktif seharian.

Para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi alpukat. Dikemas dengan antioksidan dan asam lemak omega-3, alpukat padat nutrisi dapat membantu menyeimbangkan asupan kalori harian sembari menyediakan vitamin dan nutrisi penting yang diandalkan tubuh kita.

Melansir dari Medical Daily (24/7/2020) sebuah studi yang dilakukan oleh Hass Avocado Board (HAB) menemukan bahwa menambahkan setengah alpukat saat makan siang dapat membantu cepat merasa kenyang dan membuat tubuh berhenti mengonsumsi lebih banyak kalori sepanjang hari atau mengurangi keinginan ngemil.

Baca Juga: Makan Siang dengan Steak Tempe Yuk! Begini Resepnya Enggak Pakai Ribet!

Baca Juga: Resep Simple Kangkung Cah Daging Sapi, Cocok untuk Menu Makan Siang Nih!

"Temuan penelitian ini memberikan dukungan untuk manfaat yang muncul dari alpukat," kata Dr. Nikki Ford, direktur nutrisi di HAB.

"Hasil ini semakin melengkapi upaya penelitian kami dalam menjaga berat badan dan mengurangi risiko diabetes. Banyak manfaat yang ditawarkan alpukat ketika dikonsumsi dalam rencana makan sehat sehari-hari," sambungnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi setengah alpukat saat makan siang dapat mengurangi rasa lapar sehingga berhenti mengonsumsi lebih banyak kalori hingga 40 persen selama tiga jam dan 28 persen selama periode lima jam.

"Rasa kenyang adalah faktor penting dalam manajemen berat badan karena orang yang merasa puas cenderung untuk ngemil di antara waktu makan," kata Dr. Joan Sabaté, ketua Departemen Gizi di Universitas Loma Linda.

Baca Juga: Yummy! Santap Makan Siang dengan Terik Daging Sapi khas Solo Yuk! Begini Resepnya Simple Abis!

Baca Juga: Yummy! Santap Makan Siang dengan Udang Kriuk Lada Hitam Yuk! Begini Resepnya

"Kami juga mencatat bahwa meskipun menambahkan alpukat meningkatkan asupan kalori dan karbohidrat peserta penelitian saat makan siang, tidak ada peningkatan kadar gula darah di luar apa yang diamati setelah makan siang standar," tambahnya.