Beauty, kecemasan bisa bahaya banget buatmu kalau enggak diatasi dengan baik, lho. Bukan cuma fisikmu yang jadi makin lemah, tapi juga secara kognitif. Kognitif ini adalah bagaimana pikiran kamu bereaksi terhadapnya. 

Dan gejala perilaku adalah apa yang kamu lakukan dengan perasaan itu. Kamu mungkin bisa bersembunyi dari gejala fisiknya, tapi kamu harus memahami gejala kognitif ini bukan cuma untuk dirimu sendiri, tapi juga orang-orang di sekitarmu, Beauty.

Inilah 2 gejala kognitif dan cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakannya.

Baca Juga: Doktrin Kepatuhan Bikin Depresi, Perhatikan Eksperimen Ini!

Baca Juga: Sering Dihiraukan! 5 Gangguan Mental yang Umum Terjadi, Waspada Ya!

1. Bias negatif

Bias negatif adalah kecenderungan seseorang untuk mengabaikan pengalaman positif dan pertemuan sosial dan memperbesar kemampuan sosial orang lain. Alasan ilmiah untuk ini adalah bahwa orang yang menderita kecemasan cenderung memiliki korteks frontal yang relatif kecil, di wilayah otak di bawah pelipis yang membantu mengatur pikiran dan emosi.

Mereka yang memiliki bias negatif cenderung terlalu banyak berpikir. Mereka cenderung memberi label hal-hal sebagai "baik" atau "buruk," dan bahkan cenderung memberi label lebih banyak hal sebagai buruk.

Seseorang dengan bias negatif juga akan memiliki kekhawatiran dan ketakutan yang terus meningkat dan gejala fisik yang berkepanjangan seperti masalah pencernaan atau sakit kepala.

Untuk mengubah bias negatif dan menurunkan potensi kecemasan, cobalah tips ini, Beauty:

Baca Juga: Mau Liburan Tapi Engga Ada Budgetnya? Gampang! Ikutin Dulu Tips Berikut ini Yuk!

Baca Juga: Stop! Jangan Takut Berbuat Baik, Pahami Kindess Matters ini

  • Dengarkan pikiranmu dan perhatikan seberapa sering kamu menetapkan suatu situasi dengan pernyataan selimut negatif.
  • Perhatikan dengan cermat apa yang kamu rasakan benar sehingga kamu dapat memiliki sesuatu untuk menyeimbangkan hal negatif.
  • Berlatihlah bersyukur dan buat jurnal tentang semua hal yang kamu syukuri dalam hidupmu.

Singkatnya, bias negatif ditangani melalui keseimbangan. Latih dirimuuntuk melihat yang baik bersama yang buruk, dan sumber kecemasan ini akan hilang.

2. Pikiran negatif

Pikiran negatif beda dengan bias negatif, ini adalah evaluasi diri otomatis dalam situasi sosial atau kinerja. Mereka yang memiliki kecemasan sosial dapat mengingat saat-saat memalukan bertahun-tahun setelah mereka dilupakan oleh orang lain.

Pernahkah kamu mendapati dirimu mengingat ingatan yang membuat kamu malu? Apakah kamu merasakan kecemasan dari saat itu lagi?

Pikiran negatif dapat mengarah pada kepercayaan negatif, jadi penting bagimu untuk mencoba menggigit gejala khusus ini sejak awal sebelum lepas kendali.

Kamu bisa mencoba mengurangi pikiran negatif dan kekuatannya terhadapmu dengan melakukan ini:

  • Beri label pemikiranmu. Alih-alih mengatakan "Saya pecundang," katakan "Saya berpikir bahwa saya pecundang." Ini membantumu memutuskan hubungan dari sumber pemikiran.
  • Kenali penyimpangan pikiran. Ini bisa berupa pemikiran hitam atau putih, personalisasi atau bencana. Kamu berpikir yang terburuk, kamu berpikir tentang dirimu sendiri, dan kamu percaya yang terburuk akan terjadi pada Anda sebagai hasilnya.
  • Tantang pikiran negatif. Alih-alih berbaring dan hanya menerima yang terburuk tentang dirimu, buatlah dirimu membuktikannya. Berhentilah menerima bahwa kamu adalah orang jahat. Semakin banyak kamu melakukan ini, semakin kamu akan menemukan bahwa kamu telah mendistorsi hal-hal untuk waktu yang lama.

Fokus pada kekuatanmu dan lepaskan penilaian kamu terhadap orang lain. Keganasan yang sama dengan yang kamu menilai orang lain adalah bagaimana kamu akan menilai diri sendiri. Bahkan, kamu sering dapat menemukan bagaimana perasaan kamu tentang dirimu dengan cara kamu memberi label pada orang lain.