Memiliki rambut berketombe itu akan membuat kita tampil enggak percaya diri. Ketombe itu menjadi salah satu masalah rambut yang dialami oleh banyak orang. Banyak faktor yang membuat rambut menjadi berketombe, seperti rambut berkeringat, lepek, berminyak, dan lain-lain.

Kalau mengalami rambut berketombe, pasti kamu akan mencoba berbagai macam sampo dan kondisioner untuk mengatasi masalah itu. Tapi, ada bahan alami yang dipercaya bisa mengatasi masalah ketombe, salah satunya adalah minyak zaitun. Seperti apa caranya? Yuk, simak baik-baik, ya!

Masker rambut dari minyak zaitun dan tea tree oil

Tea tree oil memiliki banyak manfaat untuk rambut karena memiliki kandungan antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat mengatasi iritasi pada kulit kepala karena ketombe. Nah, tea tree oil ini cocok bila dicampurkan dengan minyak zaitun.

Baca Juga: Habis Keramas Langsung Tidur? Ini 6 Bahaya Tidur dengan Rambut Basah!

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Ketombe Membandal dengan Bahan Alami, Dijamin Ampuh!

Caranya, campurkan 2 sdt minyak zaitun dengan 10 tetes tea tree oil, kemudian aduk hingga merata dan oleskan pada kulit kepala sambil dipijat selama 10 menit. Setelah itu, diamkan 30 menit dan cuci hingga bersih. 

Kondisioner dari minyak zaitun

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai kondisioner alami untuk menghilangkan ketombe dan membuat rambut dan kurtikulanya lebih lembut. 

Caranya, gunakan 2 sdm minyak zaitun dan pijat lembut pada kulit kepala. Setelah itu, bungkus rambutmu dengan shower cap atau handuk hangat selama 15 menit supaya minyak menyerap ke kepala. Setelah itu, bilas hingga bersih. Kamu bisa menggunakannya seminggu sekali secara rutin agar hasilnya maksimal.

Serum rambut dari minyak zaitun dan cuka apel

Nah, selanjutnya kamu bisa coba serum rambut dari minyak zaitun dan cuka apel. Bahan alami ini mengandung zat antibakteri dan antijamur untuk menjaga kesehatan kulit dan menghilangkan ketombe.

Baca Juga: Punya Masalah Ketombe pada Rambut? Ahli: Jangan Terlalu Sering Keramas!

Caranya, sediakan 1/4 cup cuka apel, 1/2 sdt minyak zaitun dan 1/2 cup air perasan jeruk lemon serta sedikit air. Campurkan seluruh bahan dan masukkan ke dalam botol spray. Kocok sampai tercampur rata. Setelah itu, bagi rambut menjadi beberapa bagian, lalu semprotkan serum secara merata. Bungkus rambut dengan handuk kecil selama 30 menit, kemudia bilas dan keramas hingga bersih.

Semoga bermanfaat!