Menu

Moms Tiati Ya! Ini 4 Bahan Skincare yang Mesti Dijauhi Ibu Hamil, Biar Lebih Aman Coba Pakai...

23 Maret 2022 09:45 WIB
Moms Tiati Ya! Ini 4 Bahan Skincare yang Mesti Dijauhi Ibu Hamil, Biar Lebih Aman Coba Pakai...

Ilustrasi ibu hamil sedang memilih skincare. (Google/Recherche Skincare Singapore)

HerStory, Jakarta —

Produk perawatan kulit semakin lama semakin berkembang mengikuti zaman dan mulai bermunculan bahan-bahan yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit.

Bagi wanita yang sedang hamil misalnya, perlu perhatikan juga kandungan yang ada dalam produk skincare. Sebab jika tak diperhatikan, ini bisa menyebabkan masalah jangka panjang.

Ada empat bahan skincare yang perlu diwaspadai wanita hamil. Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari HealthShots, Rabu (23/3/2022).

1. Retinoid

Baik retinoid topikal (krim dan serum) maupun oral (isotretinoin) dapat menyebabkan risiko kesehatan pada janin, salah satunya kelahiran bayi cacat. Jadi sebelum memakai skincare, kamu perlu berhati-hati dari sekarang.

2. Hidrokuinon

Bahan ini sering ditemukan lewat produk krim pencerah kulit. Meski tak ada penelitian yang cukup membuktikan risikonya, akan lebih baik bila kamu menghindari kandungan ini saat sedang hamil. Sebab, bahan ini bisa meningkatkan risiko malformasi atau masalah lainnya, sebagai konsekuensi dari paparan.

3. Arbutin

Alpha arbutin merupakan bahan yang ditemukan lewat produk agen pencerah kulit. Ini merupakan turunan dari hidrokuinon, di mana kedua bahan ini sangat tak aman digunakan bagi wanita hamil. Kalau ingin menggunakan krim pencerah, baiknya gunakan bahan kojic atau asam glikolat, yang dianggap aman bagi wanita hamil.

4. Asam Salisilat

Meski kandungan asam salisilat rendah ditemukan pada sabun cuci muka maupun beberapa serum lainnya, dokter menyarankan untuk tak menggunakan bahan tersebut, di mana asam salilisat ini memiliki jenis asam beta-hidroksi (BHA).

Bahan-bahan yang Aman untuk Digunakan

Vitamin C: ini dapat digunakan jika kamu memiliki flek hitam di wajah. Sebaiknya, gunakan bahan ini sebagai pengganti hidrokuinon.

Asam hialuronat: ini adalah zat penghidrasi yang sangat baik dan juga alami. Sebab, kandungan ini dapat bekerja secara keseluruhan untuk semua jenis kulit.

Asam laktat: bahan aman yang satu ini dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Keamanan ini tentu sekitar 5 persen jika kamu gunakan saat sedang hamil.

Azelaic acid: bahan lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi jerawat adalah azelaic acid. Lewat penelitian yang digunakan pada hewan, peneliti menemukan bahwa kandungan ini tak membuat kelahiran bayi menjadi cacat.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mengecilkan Pori-pori

Baca Juga: Hati-hati! 4 Bahan Ini Harus Dihindari untuk Skincare Bayi

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza