Menu

Hati-Hati! Bersihkan Miss V Pakai Sabun Bikin Bahaya

06 Januari 2020 14:00 WIB
Hati-Hati! Bersihkan Miss V Pakai Sabun Bikin Bahaya

Seseorang yang tengah memegang sabun batang (Unsplash/Allie Smith)

HerStory, Jakarta —

Hati-Hati! Bersihkan Miss V Pakai Sabun Bikin Bahaya

Menjaga organ intim agar tetap bersih adalah hal wajib yang perlu dilakukan oleh setiap wanita. Namun, tidak sedikit di antara wanita yang memakai sabun untuk membersihkan area vagina. Tapi Beauty, tahukan kamu jika hal itu justru buruk bagi Miss V?

Melansir dari laman Daily Mail, para peneliti di University of California, Los Angeles, mengatakan bahwa sabun dapat merusak jaringan sensitif dan meningkatkan peluang terjadinya infeksi herpes, klamida, dan HIV.

Menurut Joelle Brown, kepala penelitian, menggunakan produk sabun dapat meningkatkan risiko terkenanya bakteri vaginosis. Di mana suatu kondisi yang terjadi ketika keseimbangan bakteri baik menjadi terganggu.

Dr. Brown melakukan sempel penelitian pada 141 perempuan, 66 persen di antaranya menggunakan pelumas dan pembersih internal untuk Miss V, 70 persen lainnya menggunakan pelumas komersial, 17 persen petroleum jelly, dan 13 persen lainnya menggunakan minyak.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Obstetrics and Gynecologic, menunjukkan hasil tes yang telah dilakukan bahwa wanita yang menggunakan pelumas atau sabun dan pembersih internal mengalami infeksi bakteri dan jamur.

Risiko infeksi terjadi karena minyak alami yang dikeluarkan oleh tubuh tersingkir karena terkena sabun. Padahal, minyak alami ini bertanggung jawab melindungi tubuh dari berbagai mikroorganisme.

Selain itu, sabun yang mengandung parfum akan sangat berbahaya pada area Miss V. Kandungan antiseptik di dalamnya dapat mengahncurkan bakteri baik dan mengubah tingkat pH pada vagina. Hal tersebut menyebabkan vagina lebih mudah terkena iritasi lho, Beauty!

Menggunakan sabun setiap harinya untuk membersihkan organ intim membuat daerah mukosa menjadi kering. Hal ini bisa menyebabkan masalah pembengkakan yang terjadi di area Miss V.

Bagaimana cara membersihkan Miss V dengan benar?

Mengutip dari laman Halodoc, American College of Obstetricians and Gynecologist menyarankan untuk tidak sering menggunakan sabun saat membersihkan miss V. Beauty dapat memakainya sesekali dan hanya boleh pada bagian luar Miss V.

Kamu dapat membersihkannya menggunakan air hangat atau menggunakan sabun yang mengandung bahan povidone-iodine. Povidone-iodine adalah antiseptik yang dapat mengusir jamur, bakteri, dan infeksi yang terjadi pada Miss V.

Cara membersihkannya juga tidak boleh sembarangan loh, Beauty! Cara yang tepat adalah membersihkannya dari depan ke belakang bukan sebaliknya. Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri yang terdap di anus menyebar ke area vagina.

Nah, Beauty sudah tahu kan bahaya penggunaan sabun untuk organ intimmu? Mulai saat ini harus lebih berhati-hati ya! Keep Healthy!

Baca Juga: Kamu Suka Pakai Tisu Toilet Usai Pipis? Amankah untuk Kesehatan Miss V?

Baca Juga: Vagina Beraroma Seperti Bawang, Bahaya Enggak Sih? Ini Kata Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha