Pandemi virus corona membuat angka kehamilan ikut melonjak. Banyak ibu hamil yang khawatir akan kondisi kesehatan sang buah hati yang ada di dalam perut akan terinfeksi virus corona.

Selama pandemi COVID-19, sebagian besar wanita hamil mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk menghindari infeksi. Sekarang, sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa wanita hamil dapat menularkan virus kepada anak yang sedang dikandung meskipun belum lahir ke dunia.

Melansir laman Medical Daily (27/7/2020) menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh Associated Press, para peneliti mempelajari 31 wanita dari tiga rumah sakit di Italia utara yang terinfeksi COVID-19 sejak Maret dan April 2020. Para peneliti menemukan bukti virus dalam beberapa sampel tali pusar, darah, plasenta dan, dalam satu kasus virus dalam ASI.

Baca Juga: Terkait Obat Herbal Corona Hadi Pranoto, Ini Tanggapan Kemenkes

Baca Juga: Waduh! Terkait Obat Herbal Corona, Anji dan Hadi Pranoto Resmi Dipolisikan

Claudio Fenizia, PhD, penulis utama penelitian ini sekaligus sebagai spesialis imunologi di Universitas Milan, Italia, mengatakan bahwa ibu hamil tak perlu panik atas temuan ini. Pasalnya, penelitian ini masih baru dan membutuhkan analisis lebih lanjut. Dibutuhkan lebih banyak studi untuk mendukung penemuan ini, terutama pada wanita yang terinfeksi pada awal kehamilan.

Para ahli ingin mempelajari lebih lanjut tentang efek potensial dari strain COVID-19 pada wanita hamil. Penyakit lain yang diketahui seperti HIV dan Zika dapat menginfeksi janin. Para ahli di Cina merilis laporan awal tahun ini yang menunjukkan COVID-19 juga dapat menyebar ke bayi, tetapi dokter tidak yakin apakah para ibu mungkin telah menyebarkan virus ke bayi selama hamil atau setelah kelahiran.

Ashley Roman, MD, seorang dokter kandungan di NYU Langone Health, percaya bahwa ibu hamil harus terus berhati-hati dan melakukan protokol kesehatan, termasuk menjaga jarak, mengenakan masker wajah dan mencuci tangan sesering mungkin.

"Ibu hamil tidak perlu terpisah dari masyarakat sepenuhnya, tetapi mereka harus khawatir tentang dampak terinfeksi COVID pada kesehatan mereka sendiri selama kehamilan," katanya.

Baca Juga: Tambah 1.679 Pasien Positif Corona Per 3 Agustus 2020! Ini Sebaran 10 Provinsi yang Laporkan Nihil Kasus Baru...

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Alasan Pasien Corona Alami Gangguan Indera Penciuman