Di berbagai dunia, kasus virus corona terus bertambah setiap harinya. Di sisi lain, vaksin virus corona pun sedang dikembangkan di beberapa negara. Meski begitu, pihak WHO menegaskan bahwa vaksin corona sepertinya belum siap hingga akhir tahun.

"Para peneliti membuat "kemajuan yang baik" dalam mengembangkan vaksin melawan COVID-19, dengan sedikit percobaan tahap akhir, tetapi penggunaan pertama vaksin tidak dapat diharapkan sampai awal 2021," kata pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Mike Ryan.

Selain itu, Ryan juga mencatat bahwa beberapa vaksin yang sekarang dalam uji coba fase 3 sejauh ini tidak ada yang gagal dalam hal keamanan atau kemampuan untuk menghasilkan respons kekebalan.

"Secara realistis itu akan menjadi bagian pertama tahun depan sebelum kita mulai melihat orang-orang mendapatkan vaksinasi," imbuhnya.

Baca Juga: Terkait Obat Herbal Corona Hadi Pranoto, Ini Tanggapan Kemenkes

Baca Juga: Waduh! Terkait Obat Herbal Corona, Anji dan Hadi Pranoto Resmi Dipolisikan

Ryan pun menjelaskan bahwa kini WHO bekerja keras untuk meningkatkan kapasitas produksi vaksin agar memperluas akses setiap negara untuk mendapatkan vaksin potensial ini.

“Dan kita harus adil tentang ini (vaksin), karena ini adalah barang global. Vaksin untuk pandemi ini bukan untuk orang kaya, mereka bukan untuk orang miskin, mereka untuk semua orang,” tegasnya.