Di masa pandemik ini menjadi waktu yang dimanfaatkan banyak orang untuk memulai bisnis baru lho! Banyak yang mengatakan bahwa berbisnis akan lebih seru dijalankan kalau bareng sama teman sendiri. Hal ini dikarenakan kita pasti sudah mengenal teman kita sendiri.

Tetapi, terkadang berbisnis dengan teman memang enggak selalu menyenangkan. Kadang malah hubungan pertemanan bisa rusak karena enggak bisa membedakan masalah pribadi dengan bisnis. Untuk menghindari hal-hal seperti itu, yuk perhatikan 5 hal yang harus kamu perhatikan ketika berbisnis dengan teman!

Membuat Perjanjian Kerjasama

Perjanjian kerjasama enggak hanya bisa dilakukan oleh orang lain lho ternyata perjanjian kerjasama juga harus dilakukan ketika memulai atau memiliki bisnis bersama dengan teman sendiri. Biasanya masalah dalam bisnis dengan teman terjadi karena sering enggak adanya perjanjian yang jelas antara kedua belah pihak dan tertulis.

Baca Juga: Wadaw! Pengen Pribadi Menyenangkan? Cobain 5 Cara Ini

Baca Juga: Bingung Mau Ngapain Lagi? Coba Lakukan Sederet Aktivitas Positif Ini Selama di Rumah Aja

Kamu dan temanmu bisa membuat perjanjian kerjasama yang meliputi pembagian keuntungan, jabatan, pengambilan keputusan dan tujuan dari bisnis kalian. Tulis kesepakatan tersebut secara formal dan dilengkapi oleh saksi serta materai agar lebih sah.

Memiliki Tujuan yang Sama

Kalau kamu ingin memiliki bisnis dengan teman maka kalian harus memiliki tujuan yang sama tentang bisnis yang akan kalian jalani. Hal ini akan membuat pekerjaan kalian menjadi lebih mudah, baik dalam pengambilan keputusan maupun ketika ada masalah di tengah perjalanan bisnis.

Menjaga Kepercayaan

Di dalam bisnis kamu harus menjaga kepercayaan temanmu ya! Karena dengan percaya satu sama lain maka akan membuat setiap keputusan yang diambil akan lebih mudah dan melakukan segala urusan bisnis secara transparan serta tertulis.

Jika kamu memiliki masalah, sebaiknya dibicarakan bersama dengan temanmu dan mendiskusikan jalan yang terbaik untuk masalah yang sedang kamu hadapi. Kalau kalian enggak saling percaya satu sama lain maka perselisihan ketika menjalankan bisnis akan semakin mudah terjadi.

Baca Juga: Bak Sahabat Selamanya, 4 Sikap yang Dimiliki Teman Sejati! Dia itu..

Baca Juga: Awas! Sederetan Tanda Teman yang Diam-diam Mau Menjatuhkan Hidupmu, Teman Kamu Gini Gak?

Jangan Egois

Dalam berbisnis dengan teman tentu kita harus saling bekerjasama, oleh karena itu terkadang untuk menyatukan dua kepala akan terasa sangat sulit karena setiap orang memiliki ego nya sendiri-sendiri. Di beberapa kasus kita diharuskan untuk membuang ego kita jauh-jauh agar tujuan bisnis bisa tetap terlaksana.

Kamu harus tetap berfokus pada bisnis yang sedang kalian jalani. Jika memang ada perbedaan pendapat atau pandangan lebih baik kalian diskusikan terlebih dahulu dan lebih baik memilih pendapat yang memang memiliki keuntungan untuk masa depan bisnis kalian.

Pisahkan Masalah Bisnis dengan Pribadi

Hal yang harus diperhatikan terakhir adalah memisahkan masalah bisnis dengan masalah pribadi. Di dalam bisnis kita harus mengetahui batasan antara bisnis dan juga hubungan pertemanan. Enggak semua hal harus disamaratakan ya! Jika salah satu dari teman kalian ada yang melanggar peraturan bisnis maka harus segera diberi hukuman yang sesuai dengan kesalahannya bukan didiamkan karena dia teman kita.

Kemudian, kalian juga harus selalu berkomunikasi satu sama lain mengenai permasalahan yang sedang terjadi di dalam bisnis maupun pertemanan dan mencari tahu cara yang baik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Selamat mencoba ya, Beauty!