Beauty, mungkin enggak sedikit di antara kamu sering mengalami sulit tidur dan tetap terjaga sepanjang malam. Kondisi ini sering disebut sebagai insomnia dan kerap kali menjadi suatu permasalahan yang dialami anak muda. Hal ini bisa saja memengaruhi kesehatan penderitanya karena enggak memiliki waktu tidur yang cukup.

Umumnya, manusia butuh tidur selama delapan jam setiap harinya agar kondisi tubuh tetap fit terjaga. Saat tidur, tubuh akan melakukan perbaikan sel dan detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Tubuh yang kurang tidur akan lebih mudah terena penyakit seperti darah tinggi, obesitas, hingga depresi. Enggak cuma itu, kurang tidur juga bisa memicu menurunnya konsentrasi dan daya ingat.

Kondisi ini enggak bisa dibiarkan terlalu lama, makanya enggak sedikit di antara penderita memanfaatkan obat tertentu agar bisa tertidur sepanjang malam. Tapi Beauty, rupanya ada cara efektif lain yang lebih aman untuk mengatasi insomnia lho!

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Kebiasaan Tidur Setelah Makan bagi Kesehatan, Jangan Disepelekan Ya!

Baca Juga: Bisa Tingkatkan Kinerja Tubuh, Ini Manfaat Lain Konsumsi Daging Sapi Bagi Kesehatan...

Mengutip dari laman sindikasi Muslimah DailySenin (27/7/2020), yuk simak ulasan berikut!

The Military Metode

The Military Metode ini merupakan cara tertidur dalam waktu 10 detik. Rupanya cara ini digunakan oleh para pelajar di sekolah pra penerbangan angkatan laut di Amerika Serikat. Metode ini bisa digunakan untuk orang yang membutuhkan tidur dalam posisi duduk.

Caranya:

1. Relaksasikan seluruh wajah termasuk otot-otot di dalam mulut

Baca Juga: Begini Lho Cara Jitu Kurangi Kadar Gula Darah, Bisa Cegah Diabetes!

Baca Juga: Anak Enggak Punya Ekspresi? Waspada Moebius Syndrome, Moms!

2. Sandarkan bahu untuk melepaskan ketegangan dan biarkan tangan jatuh ke salah satu sisi tubuh

3. Buang napas. Biarkan dada teralas lebih rileks.

4. Relaksasikan kaki, paha, dan betis

5. Jernihkan pikiran selama 10 detik dengan membayangkan keadaan yang santai

6. Kalau enggak berhasil coba ucapkan kata “jangan berpikir” berulang-ulang selama 10 detik

7. Dalam 10 detik kamu harus tertidur

Cara tertidur dalam waktu 60 detik

Ada dua metide di dalamnya. Dua metode ini fokus pada pernapasan atau otot, metode ini akan membantumu mengalihkan npikiran dan kembali tidur. Metode ini membutuhkan waktu selama dua menit untuk bekerja.

  • Metode pernapasan 4-7-8

Untuk mempersiapkan diri, letakkan ujung lidah di atas atap mulut di belakang dua gigi depan

1. Biarkan bibirmu sedikit terbuka dan bunyikan berdesis saat kamu mengeluarkan napas melalui mulut

2. Kemudian tutup bibirmu dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Hitung sampai 4 di dalam hati kemudian tahan napas selama 7 detik

3. Setelah itu buang napas selama 8 detik

4. Cobalah siklus ini sebanyak 4 kali

  • Relaksasi otot progresif

Gerakan ini akan membantu memberikan ketenangan ke seluruh tubuh.

Caranya:

1. Angkat alis setinggi mungkin selama 5 detik. Ini akan membantu mengencangkan otot dahi

2. Relakskan otot-otot tubuh dan rasakan ketegangannya menurun. Tunggu selama 10 detik

3. Tersenyumlah dengan lebar untuk membuat ketegangan di pipi. Tahan selama 5 detik

4. Berikan jeda 10 detik

5. Julingkan mata dengan keadaan mata tertutup. Tahan selama 5 detik

6. Berikan jeda 10 detik

7. Miringkan kepala sedikit ke belakang agar dapat melihat langit-langit dengan nyaman. Tahan 5 detik.

8. Kembalikan lehermu ke bantal

9. Berikan jeda 10 detik

10. Relaksasikan seluruh otot dada, tangan, dan kaki

11. Biarkan dirimu tertidur

Cara tertidur dalam waktu 120 detik

Kalau cara sebelumnya masih belum berhasil membuatmu tertidur, cobalah untuk memvisualisasikan air terjun. Bayangkan air terjun, suara gema, air deras, dan aroma lumut basah. Kuncinya, biarkan gambar ini mengambil ruang di otakmu untuk mencegah dirimu terlibat kembali dengan pikiran yang membuatmu khawatir sebelum tidur.

Selamat mencoba!