Beauty, tahukah kamu tentang sosok wanita bernama Diyana Suci Listyawati? Ya, Diyana adalah sosok Polisi Wanita (Polwan) inspiratif yang berdinas di satuan tersibuk di Polres Malang. AKP Diyana Suci Listyawati bahkan seorang Kasatlantas wanita pertama di Polres Malang.

"Ketika kita memakai lencana ini kita tidak mengedepankan gender. Jadi ketika tugas saya belum selesai saya mengedepankan jika saya ini polisi. Hanya kebetulan saja gender saya perempuan, yang saya kedepankan jika tugas saya sebagai polisi itu tuntas," jelas Diyana, saat ditemui di Mako Polres Malang, (24/7/2020).

Baca Juga: Wow! Inilah 5 Fakta Aisyah, Istri Nabi Muhammad yang Harus Kamu Ketahui!

Baca Juga: Hebat! Inilah Wanita Pertama yang Menalukkan Seven Summist!

Nah, inilah fakta menarik AKP Diyana Suci Listyawati yang sudah dirangkum dari beberapa sumber. Kamu harus tahu, Beauty!

1.Seorang Taruni di Akademik Polisi (Akpol)

Diyana memulai karier di tahun 2004 sebagai taruni Akademik Polisi (Akpol), Diyana lulus pada tahun 2007 dan langsung ditempatkan di Polda Metro Jaya. Ia adalah Taruni angkatan ketiga dan jumlahnya saat ini masih 1 pleton dari 10 pleton di angkatan. Jumlah taruni ada 30 orang dan tarunanya 270 orang. 

2. Cita-cita karier di luar negeri

Awalnya, Diyana hanya ingin berkarir di luar negeri. Lalu dia diarahkan untuk menjadi Polwan oleh sang ayah yang juga anggota kepolisian. Saat itu Diyana menjadi Perwira di usia 20 tahun. Usia yang cukup muda untuk menjadi polisi apalagi perwira.Diyana merasa sudah di posisi yang bisa mengambil keputusan meskipun masih perwira pertama. 

3. First line supervisor

Angkatannya sendiri enggak cuma melaknakan saja tapi ternyata juga harus menentukan satu kebijakan. Di sinilah tantangan pertamanya yang merasa masih muda tapi harus berfikir dan bertindak jauh di luar batas usianya. Ia bahkan harus siap ditempatkan dimanapun setelahnya harus siap untuk menguasai medan yang ada di sana. Kendati demikian, ia tetap merasa senang karena hidupnya terasa bervariasi dan enggak monoton dengan kondisi dinas yang enggak cuma di satu daerah saja.

Baca Juga: Wow! Inilah Alasan Sesama Wanita Sering Berseteru, Kamu Gimana?

Baca Juga: Pernah Menuai Kontroversi, Begini 5 Fakta Kayoko AKB48 yang Lagi Jalani Perawatan Akibat Positif Covid-19!

4. Impian kerja di luar negeri tercapai

Wanita kelahiran Kabupaten Batang, Jawa Tengah ini akhirnya berhasil bekerja di luar negeri juga sudah tercapai. Pada tahun 2011-2014, dia menjadi Sekretaris Pribadi (Sekpri) Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, di Den Haag, Belanda. Keren banget, ya, Beauty!

5. Kasatlantas di Polres Malang

Diyana bersyukur bisa berdinas di Polres Malang karena Kabupaten Malang adalah satu wilayah yang menuntut untuk bisa menguasai medan, geografis yang luas dan demografis yang beraneka ragam. Tantangan ini baginya menyenangkan saat banyak yang harus dipelajari dan di atasi, sehingga ia bisa menguasasi medan sampai mengatasi tugasnya di Kabupaten Malang ini.

Nah, itulah 5 fakta menarik soal Diyana. Wanita yang tangguh banget, ya, Beauty!