Setelah menjalani beberapa tahap pemeriksaan, Jessica Iskandar didiagnosis mengidap penyakit Graves Disease Autoimmune. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh wanita yang akrab disapa Jedar itu lewat unggahan video di akun YouTube-nya belum lama ini.

"Kemarin dikasih tahu sama dokter bahwa sudah dipastikan sakit yang aku alami saat ini itu namanya Graves disease. Bahasa Inggris, kan? Keren, kan? Graves disease autoimmune hyperthyroidism," kata Jessica Iskandar.

Penyebab

Sekadar Beauty tahu, penyakit Graves adalah gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan kelenjar tiroid lebih agresif. Penyakit autoimun ini memang lebih rentan menyerang wanita dibandingkan pria. Gangguan autoimun ini mungkin berkembang dari kombinasi gen dan pemicu di luar, yakni virus.

Baca Juga: Jessica Iskandar Idap Penyakit Autoimun: Merasa Sendirian dan Enggak Berguna!

Baca Juga: Dituding Jadi Orang Ketiga antara Jedar dan Richard Kyle, Putty Erwina Diserbu Warganet!

Orang dengan penyakit Graves, sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh malah menyerang kelenjar tiroid (autoimun). Hal ini membuat kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah yang lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh. 

Hormon tiroid mengatur banyak fungsi tubuh, di antaranya sistem saraf, perkembangan otak, dan suhu tubuh. Tapi, kadar hormon tiroid yang terlalu banyak dalam tubuh bisa menimbulkan gangguan serius pada jantung, otot, tulang, siklus menstruasi, mata, kulit, dan masalah kesuburan

Gejala

Para penderita penyakit Graves akan merasakan sejumlah gejala yang muncul. Apa saja gejalanya? Yuk, simak baik-baik, ya!

  1. Pembesaran kelenjar tiroid
  2. Tremor pada tangan atau jari tangan
  3. Palpitasi jantung (jantung berdebar)
  4. Disfungsi ereksi (impotensi)
  5. Gairah seks menurun
  6. Perubahan siklus menstruasi
  7. Kehilangan berat badan tanpa kehilangan nafsu makan
  8. Suasana hati mudah berubah
  9. Sulit tidur
  10. Diare
  11. Rambut rontok
  12. Mudah lelah
  13. Sensitif terhadap udara panas

Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Gagal Menikah dengan Jedar, Richard Kyle Kepergok Main TikTok hingga Liburan Bareng Perempuan Lain, Pacar Baru?

Baca Juga: Jangan Telat! Pahami Gejala Graves Disease Autoimmune Hyperteroid Ini!