Menu

Timbul Lemak di Sekitar Mata Jadi Tanda Gula Darah Tinggi, Diabetes Mengintai Kesehatanmu

25 Maret 2022 09:11 WIB
Timbul Lemak di Sekitar Mata Jadi Tanda Gula Darah Tinggi, Diabetes Mengintai Kesehatanmu

Xanthelasma, gumpalan lemak di mata tanda kolesterol dan gula darah tinggi (Express/Edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Kasus diabetes mengalmi peningkatan yang sangat signifikan beberapa waktu terakhir. Hal itu dikarenakan masih banyak orang yang belum paham bahaya diabetes dan cenderung mengabaikan gejala-gejala awal guna melakukan penanganan serius.

Diabetes terjadi ketika hormon insulin tak mampu memindahkan glukosa dari darah dan masuk ke dalam sel. Proses ini sangat penting untuk konversi gula darah menjadi energi, tetapi tanpa insulin, glukosa tetap berada dalam darah.

Kadar gula darah tinggi yang tak diobati memiliki efek kumulatif pada tubuh yang menjadi lebih berbahaya seiring berjalannya waktu. 

Nah, salah satu gejala awal diabetes yang patut dicurigai adalah xanthelasma, endapan lemak di sekitar mata. Ini mungkin merupakan tanda kadar gula darah yang tiak terkontrol.

Pada tahap awal, kadar gula darah tinggi bisa sulit dikenali. Namun, seiring berjalannya waktu gejala pasti akan muncul, salah satunya xanthelasma.

Xanthelasma secara luas dikaitkan dengan kolesterol tinggi, yang ditandai dengan kadar lipid yang sangat tinggi dalam darah. Tetapi, dilansir dari Express (25/3/2022) ada bukti bahwa kondisi tersebut juga dapat mencerminkan kadar gula darah yang tinggi dalam darah.

Kondisi kulit mengacu pada pertumbuhan deposit kekuningan yang terlihatdengan jelas di bawah epidermis. Kondisi ini memang tak berbahaya atau menyakitkan, tapi patut diwaspadai karena menandakan diabetes yang tak terkontrol, kolesterol tinggi, atau masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Diabetesi Tak Perlu Takut Konsumsi Madu, Khasiatnya Ampuh Kendalikan Kadar Gula Darah Moms, Intip 3 Manfaatnya Lainnya Yuk!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.