Waduh! Vagina Jadi Tempat Terbaik Kembang Biak Bakteri, Bahaya Enggak Tuh?

28 Juli 2020 11:15 WIB
Waduh! Vagina Jadi Tempat Terbaik Kembang Biak Bakteri, Bahaya Enggak Tuh?

Ilustrasi kebersihan Miss V (Pinterest/Edited by HerStory)

Kamu mungkin sadar bahwa ada beberapa organ tubuh yang menjadi tempat berkembangnya bakteri baik. Salah satunya organ tubuh yang memiliki bakteri baik adalah vagina.

Komunitas bakteri secara ilmiah disebut sebagai mikrobiota atau mikrobiom. Menurut Jacques Ravel, seorang profesor dan direktur asosiasi genomik di Institute for Genome Sciences di University of Maryland School of Medicine, bakteri tersebut ada di seluruh tubuh, termasuk di dalam vagina.

"Mereka ada di semua area yang terpapar lingkungan atau bisa jadi ketika benda asing masuk, seperti dalam kasus usus," kata Ravel kepada HuffPost.

Dan sama seperti memiliki bakteri sehat yang berada di usus, bakteri di dalam vagina juga sehat dan bermanfaat. Salah satu jenis bakteri yang ditemukan di beberapa vagina adalah dari genus yang sama dengan bakteri dalam yogurt yang biasa dikonsumsi, yaitu bakteri lactobacillus.

"Setiap genus memiliki banyak spesies di dalamnya. Dan spesies spesifik lactobacillus yang dapat ditemukan di vagina berbeda dari spesies yang ditemukan di usus, saluran kemih dan beberapa yogurt," jelas Ravel.

Memiliki lactobacillus dalam vagina bisa mengurangi risiko terpapar infeksi menular seksual (IMS), seperti klamidia, gonore, dan HIV, serta kemungkinan lebih rendah untuk masalah lain, termasuk penyakit radang panggul.

Para ilmuwan berpikir hal itu terjadi karena dalam vagina ada bakteri lactobacillus yang menghasilkan banyak asam laktat sehingga dapat menurunkan tingkat pH vagina menjadi sekitar 3,5 atau 4 (yang membuatnya sangat asam). Dan lingkungan asam adalah lingkungan yang tidak bersahabat untuk infeksi.

"Vagina adalah situs terbuka, seperti mulut atau apa pun, artinya kamu dapat memiliki banyak bakteri penyerang. Tetapi, lactobacillus, dengan membuat vagina menjadi asam, melindungi semua itu," terangnya.

Baca Juga: Waspada! Waxing Miss V Sampai Gundul Lagi jadi Tren Manjakan Suami, Dosa Gak Sih Menurut Islam?

Baca Juga: Eitsss, Waspada! Suami Baru Orgasme Setelah 30 Menit? Ini Cara Agar Miss V Gak Lecet, Catat Baik-baik Ya!

Artikel Pilihan