Untuk memulai aktivitas harian, tubuh memerlukan energi. Salah satu cara agar energi dalam tubuh tercukupi adalah dengan mengonsumsi sarapan. Bukan hanya untuk mengisi tenaga, konsumsi sarapan juga bisa tingkatkan kesehatan kardiovaskular atau jantung.

Menurut sebuah studi baru, mereka yang melewatkan sarapan akan lebih berisiko alami penumpukan plak yang berbahaya di arteri. Jika hal ini terjadi, maka akan meningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Melewatkan sarapan juga telah dikaitkan dengan risiko obesitas dan memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi. Tetapi studi baru, yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology, mengaitkan sarapan dengan tahap awal aterosklerosis, atau pengerasan dan penyempitan arteri.

Baca Juga: Resep Simple Roti Telur Panggang, Sajian Nikmat untuk Sarapan Pagi Ini, Yuk Bikin!

Baca Juga: Resep Fluffy Pancake, Menu Sarapan Nikmat yang Bikin Nagih!

Para peneliti menganalisis data diet dari lebih dari 4.000 pria dan wanita, usia 40 hingga 54 tahun, yang tinggal di Spanyol. Orang-orang itu kemudian dibagi menjadi tiga kelompok, berdasarkan pada berapa banyak kalori yang mereka miliki untuk makan pagi mereka: kurang dari 5%, antara 5 dan 20% atau lebih dari 20%.

Hanya sekitar 3% orang yang termasuk dalam kategori pertama, artinya mereka melewatkan sarapan sepenuhnya dan hanya minum kopi, jus, atau minuman lain. Mayoritas sekitar 69% makan sarapan rendah kalori (seperti roti panggang atau kue-kue kecil), sementara 28% sisanya makan lebih banyak, makanan besar.

Hasilnya, para peneliti melihat bahwa orang-orang yang melewatkan sarapan dikaitkan dengan beberapa faktor risiko penyakit jantung. Orang-orang yang makan kurang dari 5% kalori hariannya saat sarapan 2,5 kali lebih mungkin mengalami aterosklerosis umum. Itu artinya arteri memiliki tanda-tanda awal plak di lokasi yang berbeda.

Rata-rata, orang yang melewatkan sarapan juga memiliki lingkar pinggang terbesar dan indeks massa tubuh tertinggi, tekanan darah, kolesterol dan kadar glukosa puasa.

Baca Juga: Resep Pastel Tutup Isi Daging Sapi, Sajian Nikmat untuk Sarapan Pagi Ini!

Baca Juga: Sarapan Nikmat dan Sehat dengan Chicken Cream Soup, Yuk Intip Resepnya!