Menu

Hati-hati! Ini 5 Ciri Utama Pasangan yang Abusif, Duh...

25 Maret 2022 20:20 WIB
Hati-hati! Ini 5 Ciri Utama Pasangan yang Abusif, Duh...

Ilustrasi pasangan bertengkar (nypost.com/Edited by Herstory)

HerStory, Bekasi —

Gak dipungkiri bahwa kekerasan mental atau fisik meninggalkan trauma yang sangat mendalam. Apalagi, kekerasan itu dilakukan oleh seseorang yang sangat kamu sayang dan percayai.

Ingatlah, kekerasan mental dan fisik dapat berakibat fatal. Itu dapat membuatmu merasa tidak pantas mendapatkan cinta, hingga menyerah pada hidup.

Oleh sebab itu, penting bagimu untuk memastikan tidak menjalin hubungan dengan orang yang salah. Mendeteksi tanda-tanda pasangan yang kasar adalah langkah pertama yang diperlukan untuk keluar dari hubungan yang merusak.

Oleh karena itu, berikut beberapa tanda yang sangat mencolok yang harus diperhatikan.

Posesif

Jika pasangan telah menunjukkan tanda-tanda posesif yang ekstrem, kamu perlu segera mempertimbangkan kembali hubunganmu dengannya. Posesif artinya dia tak mempercayai kamu. Pasangan hanya ingin kamu menghabiskan waktu bersamanya saja. Dia tidak ingin kamu berbicara dengan orang lain tanpa persetujuannya. Dia selalu cemburu, sehingga berusaha mengisolasi kamu dari orang lain.

Gak menghormati batasan

Pasangan kamu sering melanggar batas normal yang kamu pertahankan dalam hubungan. Batasan sangat diperlukan untuk memungkinkan kedua individu tumbuh dan memiliki ruang yang sehat. Namun, jika pasangan kamu gigih dan keras kepala untuk mendiskreditkan batasan kamu, maka kemungkinan besar dia akan menjadi kasar di kemudian hari.

Kontrol

Pasangan kamu menunjukkan kendali penuh atas kamu dan tindakanmu. Terlepas dari protes halusmu, dia akan mencoba memanipulasi beberapa aspek kehidupan dan hubunganmu, seperti keuangan, emosi, kondisi mental, dan lain-lain. Hal ini dilakukannya karena dia mungkin menganggapmu tidak mampu membuat keputusan sendiri.  Mengontrol kamu juga merupakan tanda bahwa pasangan sangat cemburu dan skeptis terhadapmu.

Agresif

Dia mungkin tidak menyentuhmu secara fisik, tetapi tindakannya menunjukkan sebaliknya. Gerakan agresif seperti menghancurkan atau melempar barang, meninju tembok, tatapan galak adalah indikasi kuat bahwa dia tidak tahu cara menangani amarahnya. Masalah kemarahan seperti itu dapat merusak kesehatan mentalmu.

Sangat tertutup

Dia cenderung menunjukkan perilaku yang sangat menakutkan ketika kamu bertanya di mana dia sepanjang hari. Sikap tertutup seperti itu berarti dia tak ingin memberi tahu kamu apa yang telah dilakukannya.

Intinya, dia tidak mau berbagi kehidupannya denganmu. Selain ketidakpercayaan yang luar biasa, dia juga sering mengabaikanmu saat kamu membutuhkannya. Jadi, jelas bahwa dia tidak cukup peduli padamu dan memandangmu hanya sebagai tempat untuk melampiaskan frustrasinya saja.

Baca Juga: Perlu di Catat!! 5 Cara Jitu Ini Bikin Relationship Kamu Nyaman!

Baca Juga: Wanita Perlu Tahu! 3 Tanda Omelan kepada Pasangan Dapat Merusak Hubungan Kalian!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Oleh: Cherryn Lagustya