Bagi sebagian orang, mempunyai hewan peliharan seperti kucing atau anjing adalah hal yang menyenangkan. Selain itu, memelihara hewan peliharaan juga bisa menjadikannya sebagai teman hidup kamu lho bahkan ada yang menganggap seperti keluarga. Tak hanya itu, merawat hewan peliharaan itu bagus untuk masalah kesehatan.

Menurut sebuah studi yang disurvei oleh Mental Health Foundation dan Cats Protection tahun 2011 menjelaskan bahwa lebih dari 600 pemilik kucing dan non kucing, di mana setengah dari mereka punya masalah gangguan mental atau kesehatan mental.

Sebanyak 87 persen orang yang memelihara kucing mendapat dampak positif dari kesejahteraan mereka, sedangkan 76 persen mengatakan bahwa mereka mendapat kehidupan yang lebih baik berkat kucing mereka. Nah, selain itu banyak lagi manfaat memelihara hewan demi kesehatan mental. Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (28/7/2020) berikut di antaranya:

Baca Juga: Kamu ingin Hidup Lebih Mujur? Coba Pelihara 4 Hewan Berikut ini Deh!

Baca Juga: Mau Liburan Tapi Engga Ada Budgetnya? Gampang! Ikutin Dulu Tips Berikut ini Yuk!

Menurunkan tingkat depresi

Setiap orang pasti memiliki permasalahan masing-masing. Sangking beratnya itu masalah, ada yang sampai stres berat bahkan jika tak diobati, stres berat tersebut berubah menjadi depresi. Daripada kamu meminum obat-obatan yang tak bagus untuk tubuh kamu, coba deh mencegahnya dengan memelihara hewan di rumah.

Kehadiran hewan kecil mungil dan lucu itu mampu meningkatkan serotonin, dopamin, dan oksitosin yang di mana itu semua adalah hormon kebahagiaan. Selain itu, memelihara hewan juga mampu memberikan efek menenagkan pada kehidupan kamu. Hanya dengan mengelusnya saja atau mengajak mereka main, bisa bikin kamu jauh lebih tenang lho.

Membantu kamu hidup sehat

Untuk merawat hewan peliharaan pastinya dong kamu harus bersiap untuk merawatnya dengan baik. Entah itu membersihkan kotorannya, memandikannya, dan membersihkan kandangnya. Nah, semua yang dilakukan itu mampu mendorong kamu untuk hidup jauh lebih sehat.

Mengurangi rasa kesepian

Buat kamu yang mungkin merasa kesepian setiap harinya, coba deh rawat hewan peliharaan. Yang tadinya sedih karena kesepian, hal itu seakan-akan hilang begitu saja. Sebab, hewan peliharaan mampu memberikan rasa aman dan mereka akan menemanimu dalam melakukan berbagai aktivitas di rumah.

Baca Juga: Stop! Jangan Takut Berbuat Baik, Pahami Kindess Matters ini

Baca Juga: Kucing Peliharaan di Inggris Terinfeksi Virus Corona! Yuk, Para Pecinta Hewan Kenali Gejalanya...

Menurunkan tingkat kecemasan

Kecemasan sering dialami oleh banyak orang. Entah itu karena banyak pikiran atau mengalami gangguan traumatis. Biasanya, gangguan kecemasan berakhir menjadi depresi. Untuk itu, kamu bisa coba dengan pengobatan memelihara hewan. Dijamin deh tingkat kecemasan yang kamu alami dapat berkurang secara drastis lho.

Semoga bermanfaat ya!