Menu

Disebut-sebut Minuman Penghilang Stres, Bolehkah Minum Kopi Saat Stres?

25 Maret 2022 23:09 WIB
Disebut-sebut Minuman Penghilang Stres, Bolehkah Minum Kopi Saat Stres?

Ilustrasi wanita sedang stres. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Setiap orang punya cara masing-masing untuk meredakan stres. Ada yang merasa pikirannya lebih jernih setelah mendengarkan musik, jalan-jalan ke taman, atau hanya sekadar minum kopi.

Ya, sebagian orang menganggap kopi sebagai minuman mujarab untuk mengatasi stres. Namun, ada juga yang bilang kalau minum kopi saat stres justru bisa memperparah keadaan. Mana yang benar?

Setelah semalaman begadang, kebanyakan orang akan siap sedia secangkir kopi di pagi hari. Katanya, minum kopi bisa meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan, dan fokus saat kerja. Namun, apakah efeknya akan sama jika Anda minum kopi saat stres?

Jika selama ini Anda rutin minum kopi saat stres, dengan harapan suasana hati Anda akan membaik setelahnya, maka Anda salah besar. Yang ada, kebiasaan ini justru bisa bikin Anda makin stres, lho!

Saat Anda mengalami banyak tekanan atau stres, tubuh memproduksi hormon kortisol alias hormon stres.

Jangan salah, hormon kortisol ini justru berfungsi untuk sebagai pengatur gula darah agar gula bisa diolah menjadi sumber energi. Dengan begitu, tubuh Moms jadi lebih bertenaga dan fokus saat bekerja.

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Minuman Berkafein?

Baca Juga: Ternyata Minum Kopi Setiap Hari Dapat Menurunkan Berat Badan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Oleh: Sri Handari