Beauty, PMS suka bikin emosi kamu nggak stabil? Suka merasa bersalah karena keadaan sensitif itu? Artinya kamu harus memahami hal ini, kalau saat perutmu mulai sakit dan bad mood akibat menstruasi itu adalah hal yang wajar.

Iya, wajar karena saat Premenstrual Syndrome (PMS) keadaanmu mengalami kombinasi dari perubahan emosi, fisik, psikologi, dan suasana hati yang terjadi setelah siklus menstruasi berakhir. Jadi, sekarang sudah tahu kan mengapa kamu bawaannya sensitif terus?

Nah, tanda-tanda kalau kamu lagi PMS adalah cepat marah, depresi, menangis, terlalu sensitif, sedih sampai membuatmu marah tanpa sebab. Meskipun begitu, penyebab PMS nggak diketahui dengan pasti. Tapi beberapa ahli menyimpulkan bahwa perubahan hormon adalah salah satu faktor penyebab terjadinya PMS.

Baca Juga: Jangan Telat! Pahami Gejala Graves Disease Autoimmune Hyperteroid Ini!

Baca Juga: Kamu Sering Telat Haid Hingga Berbulan-Bulan? Waduh! Jangan-Jangan Kamu Terkena Amenorrhea!

Makanya kamu harus konsumsi vitamin, mineral, kurangi makan makanan asin yang mengendapkan cairan, minum-minuman yang mengandung alkohol dan kafein yang dapat mempengaruhi mood.

Kamu juga bisa mengurangi interaksi saat kamu rasa emosimu enggak stabil sampai kamu yakin kehadiranmu enggak akan bikin orang lain salah paham karena nggak semua orang paham soal keadaanmu, Beauty.