Banyak penelitian telah menemukan bahwa melakukan sarapan penting untuk menjaga berat badan, metabolisme dan kesehatan secara keseluruhan.Tapi apakah itu benar-benar terbukti?

Hal tersebut telah dibuktikan oleh salah satu uji coba terkontrol acak menemukan bahwa mengonsumsi sarapan yang substansial secara teratur dapat mempengaruhi bagaimana sel-sel lemak berfungsi dalam tubuh dengan mengubah aktivitas gen yang terlibat dalam metabolisme lemak dan resistensi insulin.

Temuan menunjukkan bahwa makan sarapan setiap pagi dapat membantu menurunkan risiko orang untuk diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular, bahkan jika makan pagi meningkatkan konsumsi kalori total seseorang, kalori tersebut dapat diimbangi dengan pembakaran energi lainnya.

Baca Juga: Resep Simple Roti Telur Panggang, Sajian Nikmat untuk Sarapan Pagi Ini, Yuk Bikin!

Baca Juga: Resep Fluffy Pancake, Menu Sarapan Nikmat yang Bikin Nagih!

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Physiology, para peneliti meminta 49 orang yang berusia 21 hingga 60 tahun untuk sarapan atau berpuasa hingga tengah hari, setiap hari selama enam minggu. Mereka yang termasuk dalam kelompok sarapan diminta untuk makan setidaknya 700 kalori pada jam 11 pagi, dan setidaknya setengah dari kalori tersebut dalam waktu dua jam setelah bangun. Mereka dapat memilih makanan yang mereka inginkan, tetapi kebanyakan orang memilih makanan sarapan khas seperti sereal, roti panggang, dan jus.

Sebelum dan sesudah penelitian, para peneliti mengukur metabolisme, komposisi tubuh, dan kesehatan kardiovaskular dan metabolisme setiap orang. Mereka juga mengambil biopsi sel lemak mereka untuk mengukur aktivitas 44 gen dan protein berbeda yang terkait dengan metabolisme dan proses fisiologis lainnya, serta kemampuan sel untuk mengambil gula, yang merupakan respons tubuh terhadap perubahan kadar insulin.

Para peneliti menemukan bahwa pada orang yang memiliki berat badan normal, sarapan dapat menurunkan aktivitas gen yang terlibat dalam pembakaran lemak.

"Dengan kata lain, ada beberapa bukti bahwa melewatkan sarapan sebenarnya meningkatkan pembakaran lemak," kata ketua penulis Javier Gonzalez, profesor di bidang nutrisi dan metabolisme di University of Bath di Inggris, seperti dilansir dari TIME (29/7/2020).

Baca Juga: Resep Pastel Tutup Isi Daging Sapi, Sajian Nikmat untuk Sarapan Pagi Ini!

Baca Juga: Sarapan Nikmat dan Sehat dengan Chicken Cream Soup, Yuk Intip Resepnya!

"Konsumsi sarapan meningkatkan asupan kalori total pada orang kurus, tetapi ini diimbangi dengan sarapan juga merangsang pengeluaran energi aktivitas fisik pada orang kurus," sambungnya.

Lebih penting lagi, makan sarapan juga menurunkan aktivitas gen yang terlibat dalam resistensi insulin dan meningkatkan jumlah gula yang diambil sel yang berpotensi melindungi terhadap diabetes dan penyakit kronis lainnya seiring waktu.

"Temuan ini sejalan dengan pengamatan kami sebelumnya bahwa konsumsi sarapan dikaitkan dengan kontrol glukosa yang lebih baik dalam sel-sel lemak," jelasnya.