Memiliki rambut kuat dan sehat tentu didambakan oleh setiap orang, terutama wanita. Tapi, banyak hal yang membuat rambut menjadi rusak dan enggak terawat. Mulai dari perawatan rambut yang salah, terkena paparan sinar matahari, kotoran dan polusi ditambah dengan kebiasaan makan yang enggak sehat.

Hal tersebut bisa memicu masalah rambut, salah satunya ialah kerontokan. Rambut yang rontok kadang membuat banyak wanita kurang pede saat beraktivitas, Beauty setuju? Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang mengalami rambut rontok dan mengatasinya dengan melakukan banyak perawatan. Entah dengan suatu produk tertentu atau bahkan menggunakan bahan-bahan alami. 

Ngomong-ngomong soal bahan alami, tahu enggak sih kalau rambut rontok bisa diatasi dengan buah pisang lho! Pisang diperkaya akan kalium, protein, dan minyak alami yang menjaga kulit kepala tetap lembab. Pisang juga membantu meningkatkan elastisitas alami rambut, sehingga mencegah rambut patah dan juga bercabang.

Baca Juga: 4 Cara Praktis Manfaatkan Jus Jahe untuk Rangsang Pertumbuhan Rambut, Dijamin Ampuh!

Baca Juga: Wow! Inilah 5 Fakta Mengejutkan dari Sunscreen, Hati-Hati..

Enggak cuma itu, pisang juga bisa membuat rambut terlihat berkilau lho, Beauty! Biar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa memadukan pisang dengan bahan alami lainnya untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Melansir dari laman Boldsky, Rabu (28/7/2020), berikut bahan alami yang bisa dipadukan dengan pisang untuk atasi rambut rontok.

Pisang dengan madu

Madu terbukti sebagai obat yang efektif untuk melawan ketombe. Madu juga memiliki sifat emolien yang menjaga kulit kepala tetap lembab dan ternutrisi.

Kamu bisa menghaluskan dua buah pisang dan dua sdm madu hingga menjadi pasta yang halus. Olesi campuran itu ke rambut dan biarkan selama 20-25 menit dan bilas dengan air bersih. 

Pisang dengan alpukat

Kamu juga bisa memanfaatkan campuran alpukat dan pisang untuk membuat rambut tetap kuat. Alpukat mengandung biotin yang dikenal ampuh mengatasi kerontokan pada rambut. Enggak cuma itu, vitamin E dan antioksidan di dalamnya dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas untuk menjaga kulit kepala tetap sehat.

Baca Juga: 10 Kesalahan Makeup Ini Bikin Wajah Terlihat Lebih Tua, Duh Jangan Diulangi Ya!

Baca Juga: Aman! Ini Tanda-tanda Kalau Krim Wajah Cocok Kamu Gunakan

Tumbuk pisang dan alpukat masing-masing satu buah di dalm mangkuk. Olesi campuran ini pada kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih dan lakukan cara ini seminggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

Pisang dengan pepaya dan madu

Bila ketiga bahan ini dicampur dapat mengatasi kerontokan rambut. Pepaya dipercaya dapat memperkuat folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut untuk mencegah penipisan rambut. Asam folat di dalamnya juga berguna untuk mengatasi kerontokan pada rambut.

Siapakan dua buah pisang matang, 1/2 pepaya matang, dan 2 sdm madu. Potong pisang dan pepaya dan haluskan menggunakan garpu. Tambahkan madu ke dalamnya dan aduk hingga merata.

Olesi campuran tersebut ke kulit kepala dan bagian rambut lainnya. Bungkus rambut menggunakan shower cap dan diamkan selama 30 menit. Bilas hingga bersih dan keramas rambut seperti biasa. Lakukan cara ini 1-2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Semoga bermanfaat!