Menu

Waduh Moms, Anak Sering Bangun Tengah Malam dan Teriak? Ternyata Itu Karena...

29 Maret 2022 13:45 WIB
Waduh Moms, Anak Sering Bangun Tengah Malam dan Teriak? Ternyata Itu Karena...

Illustrasi Anak Tidur Larut Malam (Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Ada seorang ibu bernama Dina yang mengkhawatirkan kondisi anaknya karena sering terbangun saat tidur tengah malam dan berteriak. Kondisi apapun yang menimpa anak kita tentu saja membuat orangtua khawatir dan menjadi pikiran. Ia akhirnya menanyakan kondisi tersebut pada suatu forum.

"Dokter, anak saya umur 11 tahun dan sering sekali terbangun tengah malam. Bangun sambil teriak-teriak tapi bukan karena mau pipis. Apa ini yang disebut sebagai night terror?" tulis Dina dalam forum Smarter Health.

Menjawab pertanyaan tersebut, dr. Cindy Chan dari Sunway Medical Centre Malaysia mengatakan pada umumnya, night terror menyerang anak usia prasekolah dan tahun awal sekolah dasar.

Ia mengatakan untuk mengetahui dengan pasti penyebab anak bangun tengah malam dan teriak, perlu dilakukan pemeriksaan menyeluruh.

Menurut dr Cindy, orangtua harus juga menanyakan kepada anak tentang kegiatannya di sekolah saat siang hari.

"Faktor lainnya adalah lingkungan siang hari anak – apakah akhir-akhir ini ada kejadian yang membuatnya lebih cemas? Apakah dia pernah terpapar program TV yang tidak sesuai sepanjang hari?" terangnya.

Jika anak dalam keadaan sehat dan baik, serta tidak mengalami hal-hal yang membuatnya cemas di siang hari, dr Cindy meminta orangtua untuk bersabar.

"Apa pun itu, jika anak dalam keadaan sehat dan diatur dengan baik di siang hari, kemungkinan besar masalah ini akan terlewati dengan sedikit kesabaran, pengertian, dan dukungan dari orang tua ke anak," tutupnya.

Baca Juga: Bertemakan Pantai, Parentstory Hadirkan lebih dari 200 Aktivitas Belajar dan Bermain untuk Anak

Baca Juga: Ditengah Aktivitasnya yang Padat, Rachel Vennya Akui Senang Ajak Anak Bermain ke Pameran

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza