Kamu sedang lapar? Coba deh ambil segenggam kacang. Tidak hanya dikemas dengan protein, tetapi ternyata konsumsi kacang juga dikabarkan dapat memperpanjang umur lho. Kenapa begitu?

Ada satu penelitian yang mengungkapkan hubungan antara makan kacang dengan umur panjang. Kacang-kacangan kaya akan lemak tak jenuh, protein dan vitamin, serta antioksidan yang dianggap terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Para peneliti dari Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School melihat konsumsi kacang dan risiko kematian dari semua penyebab di antara 76.464 wanita yang berpartisipasi dalam Studi Kesehatan Perawat dan 42.498 pria yang terlibat dalam Studi Tindak Lanjut Profesional Kesehatan.

Baca Juga: Mitos Atau Fakta, Makan Kacang Ampuh Turunkan Berat Badan?

Baca Juga: Bisa Menjaga Kesehatan Jantung! Yuk, Intip Manfaat Konsumsi Kacang Almond!

Saat penelitian ini, para peneliti bertanya kepada peserta tentang konsumsi kacang, termasuk berapa banyak kacang almond, kacang mede, hazelnut, macadamias, pecan, kacang pinus, pistachio atau kacang kenari yang biasanya mereka makan.

Hasilnya peserta yang melaporkan mengonsumsi kacang secara teratur lebih kecil alami risiko kematian karena berbagai penyakit, terutama kanker, penyakit jantung, dan penyakit pernapasan. Orang yang makan kacang tujuh kali atau lebih dalam seminggu, tingkat kematian 20% lebih rendah dibandingkan orang yang tidak makan kacang. Pemakan kacang juga cenderung lebih ramping, lebih aktif secara fisik, dan bukan perokok.

Kacang-kacangan adalah bagian dari diet seimbang yang baru-baru ini diuraikan oleh pejabat kesehatan masyarakat dalam Dietary Guidelines for Americans, kelompok pemerintah menyarankan agar orang dewasa makan sekitar lima hingga enam ons protein (yang bisa termasuk kacang-kacangan) sehari. Penelitian ini didanai oleh Institut Kesehatan Nasional dan Yayasan Penelitian & Pendidikan Nutrisi Dewan Pohon Internasional.