Setelah menjalani banyak aktivitas, tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan badan. Salah satunya dengan melakukan tidur siang. Tapi, apakah tidur siang baik untuk kesehatan?

Sebuah penelitian baru mengatakan bahwa tidur siang sebenarnya baik untuk jantung. Dalam sebuah makalah baru yang diterbitkan dalam jurnal Heart, para peneliti menemukan bahwa orang dewasa di Swiss yang mengambil satu atau dua tidur siang hari per minggu memiliki risiko lebih rendah terkait masalah jantung, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Seperi diketahui bahwa kurang tidur adalah faktor risiko yang menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk masalah jantung, sehingga kemampuan tidur siang untuk menggantikan tidur malam yang hilang bisa menjadikannya sebagai kebiasaan sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan, Bisa Meningkatkan Daya Ingat Lho!

Hampir 3.500 orang dewasa Swiss berusia 35 hingga 75 tahun ambil bagian dalam penelitian ini. Mereka memberi para peneliti informasi tentang kebiasaan tidur siang mereka, tidur malam hari, informasi demografi dan gaya hidup, dan menjalani serangkaian tes medis yang dimaksudkan untuk menilai kesehatan mereka secara keseluruhan.

Hasilnya para peneliti menemukan bahwa orang yang mengambil satu atau dua tidur siang hari per minggu memiliki risiko lebih rendah terhadap masalah jantung dibandingkan peserta yang tak tidur siang.

"Tidur siang berguna untuk menghilangkan stres dan mengimbangi kurang tidur di malam hari, sehingga melindungi kesehatan jantung," tulis para peneliti.

Jadi berapa lama waktu tidur siang yang ideal? Sebagian besar ahli mengatakan tidur siang selama 20 menit sudah cukup untuk menuai manfaat termasuk kewaspadaan, kinerja, dan suasana hati yang lebih baik.