Oatmeal adalah menu sarapan yang disukai oleh hampir semua orang secara universal. Meskipun secara historis oatmeal dinikmati oleh orang-orang yang berada di Eropa, Rusia dan AS, oatmeal juga popular di negara-negara berkembang karena harganya yang terjangkau dan sifat-sifat kesehatan yang dirasakannya. Tetapi apakah oatmeal benar-benar baik untuk tubuh?

"Berdasarkan bukti yang ada, makan gandum murni (oatmeal) pasti baik untuk kesehatan kita," kata Shengmin Sang, seorang profesor ilmu pangan dan kesehatan manusia di Universitas Negeri A&T Carolina Utara yang telah memeriksa sifat gizi gandum seperti dilansir dari TIME (30/7/2020).

Tak hanya popular, ternyata oatmeal juga menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Menurut Shengmin Sang, oatmeal dapat mencegah diabetes hingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan turunkan kolesterol.

Baca Juga: Resep Simple Roti Telur Panggang, Sajian Nikmat untuk Sarapan Pagi Ini, Yuk Bikin!

Baca Juga: Resep Fluffy Pancake, Menu Sarapan Nikmat yang Bikin Nagih!

"Makan gandum murni dapat mencegah diabetes dan menurunkan kadar kolesterol, yang bisa mencegah penyakit kardiovaskular. Beberapa studi menunjukkan bahwa gandum memiliki efek anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan yang berhubungan dengan penyakit kronis," sambungnya.

Oat juga merupakan sumber vitamin B, vitamin E, dan mineral yang sangat baik seperti magnesium. Tetapi, para ahli memperingatkan untuk mengonsumsi oatmeal tanpa gula, natrium atau zat tambahan lainnya dapat dengan cepat mengurangi atau mengimbangi manfaat kesehatannya.